Sukses

Disney Umumkan Lucasfilm Games untuk Bernaungnya Deretan Gim Star Wars

Disney baru saja mengumumkan kehadiran Lucasfilm Games sebagai identitas resmi untuk seluruh gim Star Wars.

Liputan6.com, Jakarta - Disney baru saja mengumumkan kembali kehadiran Lucasfilm Games. Sesuai namanya, Lucasfilm Games akan menjadi payung untuk seluruh katalog gim yang berhubungan dengan Star Wars.

"Lucasfilm Games kini menjadi identitas resmi untuk seluruh judul gim dari Lucasfilm," tulis Disney seperti dikutip dari PC Gamer, Rabu (13/1/2021).

Sayang, Disney belum mengungkap rencananya mengenai Lucasfilm Games. Untuk itu, belum diketahui peran divisi baru ini nantinya.

Lucasfilm Games sebenarnya bukan nama asing dan memiliki sejarah tersendiri. Pertama kali diperkenalkan awal 1980-an, meski hadir dari pembesut Star Wars, studio ini nyatanya tidak bisa mengembangkan gim dari kisah film tersebut.

Alasannya ketika itu, Atari memiliki lisensi eksklusif untuk gim-gim Star Wars. Karenanya, studio ini merilis sejumlah gim orisinal, seperti Monkey Island, Maniac Mansion, hingga Full Throttle.

Namun pada 1990, studio ini berubah nama menjadi LucasArts. Lalu setelah LucasFilm diakusisi Disney pada 2012, LucasArts ditutup setahun kemudian.

Tidak lama setelahnya, lisensi ekslusif lantas diberikan pada EA untuk menggarap gim Star Wars hingga saat ini. Hanya Disney tidak mengungkap lebih lanjut mengenai kelanjutan kerja sama dengan EA usai mengumumkan Lucasfilm Games.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Lebih dari 2 Miliar Tweet tentang Gaming di Twitter Sepanjang 2020

Terlepas dari laporan di atas, Twitter baru-baru ini mengungkapkan jumlah cuitan mengenai gaming di linimasa. 

Tercatat sepanjang 2020, ada lebih dari 2 miliar cuitan mengenai gaming tahun 2020.

Mengutip keterangan resmi Twitter, Selasa (12/1/2021), jumlah cuitan tentang gaming meningkat 75 persen dibandingkan tahun 2019.

Dari total cuitan mengenai gaming, jumlah unique author yang men-tweet tentang gaming mengalami peningkatan 49 persen.

Secara global, gaming menduduki peringkat keenam untuk topik paling banyak diikuti di Twitter.

Dalam kategori gaming sendiri, topik yang paling banyak dibahas meliputi: gaming, berita gaming, eSports, Kreator Gaming, PlayStation, Fortnite, Call of Duty, Minecraft, Animal Crossing, dan Xbox.

Percakapan mengenai eSports sendiri meningkat sebanyak 14 persen secara global ketimbang tahun 2019.

3 dari 3 halaman

Percakapan tentang Gaming Melonjak 67% di Indonesia

Khusus di Indonesia, volume percakapan mengenai gaming meningkat sebesar 67 persen.

Bicara tren gaming di Twitter di Indonesia, gaming dianggap lebih dari sekadar kompetisi, olahraga, dan hiburan. Pasalnya gaming makin populer dan terus berkembang.

Di linimasa Twitter, percakapan mengenai gaming menyatukan banyak orang di tahun 2020. Pasalnya lewat cuitan mengenai gaming, orang-orang saling berinteraksi dengan teman lama sekaligus mencari teman baru, saling bersosialisasi, dan melepas penat.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.