Sukses

Tiongkok Ciptakan Senapan Laser ala Star Wars, Kreatif atau Berbahaya?

Senapan laser yang diberi nama ZKZM-500 itu memiliki bentuk dan dimensi yang sama dengan senapan AK-47.

Liputan6.com, Jakarta - Pabrik senapan api di Tiongkok dilaporkan mengembangkan senapan baru portabel yang dapat menembakkan laser mirip dengan yang ditemukan di banyak film sci-fi, salah satunya adalah Star Wars.

South China Morning Post pada Senin (9/7/2018), melaporkan senapan laser yang diberi nama ZKZM-500 itu memiliki bentuk dan dimensi yang sama dengan senapan AK-47.

Ilmuwan di pabrik bernama ZKZM Laser mengklaim senapan canggih tersebut bisa menembak dari jarak 800 meter.

Dengan lasernya, senapan tersebut bisa menembus dan membakar kulit target. Target bahkan bisa terbakar jika memakai pakaian dengan bahan yang mudah terbakar.

Senapan memiliki kaliber 15 mm, ZKZM-500 beratnya sekitar 3 kilogram. Uniknya, senapan ini didukung oleh baterai lithium yang bisa diisi ulang mirip dengan yang ditemukan pada smartphone.

Prototipe yang sedang diujicobakan mampu menembakkan sinar laser sebanyak 1.000 kali dengan setiap tembakan berlangsung tidak lebih dari dua detik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Berbahaya?

Meskipun diklaim punya kemampuan yang canggih, namun menurut dokumen yang dirilis oleh Public Service Platform for National Civil-Military Integration, senapan tersebut digambarkan sebagai senjata yang tidak mematikan.

Kendati demikian, ZKZM Laser belum memiliki mitra berlisensi. Mereka mengatakan prototype tersebut siap diproduksi massal hanya untuk militer dan polisi Tiongkok.

Tiongkok diketahui memang rajin menciptakan senjata laser mirip dengan yang dipakai di film-film sci-fi.

Sebelumnya, Chengdu Hengan Police Equipment Manufacturing juga pernah meluncurkan senapan mesin laser bulan lalu.

Senapan yang dapat menembakkan laser beberapa ratus tembakan setiap kali diisi itu memiliki daya jangkau hingga 500 meter.

Reporter: Sugiono

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.