Sukses

Nikon Setop Garansi Internasional untuk Lensa dan Aksesori

Liputan6.com, Jakarta - Nikon secara resmi mengumumkan telah menyetop garansi internasional untuk produk lensa dan aksesori. Hal ini disampaikan melalui pernyataan resmi Nikon Imaging Supoort.

Pihak Nikon mengaku terlalu sulit untuk mempertahankan satu jaminan internasional yang berlaku di seluruh dunia setelah memberikan garansi internasional untuk lensa yang dapat ditukar dan aksesori tertentu (seperti Speedlight).

Sebaliknya, Nikon hanya akan memberikan jaminan khusus untuk negara atau wilayah penjualan ke depannya.

“Kami telah mempertimbangkan berbagai opsi, tetapi pada akhirnya memutuskan untuk memulai transisi bertahap dari garansi internasional ke garansi regional untuk lensa dan aksesori yang dapat ditukar pada Januari 2021,” kata Nikon dikutip dari PetaPixel.

Jika produk Nikon dibeli dengan garansi internasional, garansi itu akan tetap berlaku selama jangka waktu penuh, terlepas dari waktu pembelian. Selain itu, jika produk dibeli dengan jaminan regional, jaminan itu akan tetap berlaku selama jangka waktu penuh.

Namun, jika ada perbaikan yang dilakukan pada produk tersebut di negara atau kawasan yang tidak tercakup dalam jaminan, pengguna bertanggung jawab atas semua biaya perbaikan, meskipun jaminan tersebut masih berlaku.

“Selain itu, beberapa negara dan kawasan mungkin tidak dapat menerima produk yang dijual di negara atau kawasan lain untuk diperbaiki. Silakan berkonsultasi dengan pusat perbaikan, atau pengecer atau distributor di negara atau wilayah yang berlaku,” tutur Nikon.

 

2 dari 2 halaman

Biaya Lebih Mahal

Dengan begitu, perubahan kebijakan ini berarti, jika membeli produk Nikon diluar negara asal, maka garansi akan hilang kecuali kembali ke negara pembelian untuk klaim garansi produk tersebut.

Keputusan bisnis ini mungkin berasal dari biaya dukungan yang bervariasi dari satu negara ke negara lain dan ketidaksenangan kantor lokal pendukung Nikon harus menanggung biaya perbaikan untuk produk yang tidak mereka jual.

Sejak 2021, Nikon berhenti menjual bagian kamera ke toko perbaikan kamera independen. Namun pada 2013 Nikon mulai memasukkan suku cadang DSLR, Coolpix, dan lensa di situsnya sendiri.

Meski begitu, situs web ini belum menawarkan suku cadang apa pun untuk produk Nikon Z. Ditambah dengan tidak adanya jaminan internasional, jika produk Nikon perlu diperbaiki di luar negara tempat pembeliannya, mungkin akan sulit atau mahal untuk memperbaikinya.

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer