Sukses

7 Fakta Menarik pada Transaksi di Tokopedia Sepanjang 2020

Sebagai salah satu platform belanja online, Tokopedia mengumumkan berbagai temuan menarik mengenai perilaku belanja online masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Belanja online terus menjadi alternatif masyarakat selama pandemi Covid-19 untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai.

Sebagai salah satu platform belanja online, Tokopedia mengumumkan berbagai temuan menarik mengenai perilaku belanja online masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2020.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, menyatakan, Tokopedia terus membantu masyarakat beradaptasi melalui sejumlah inisiatif hasil kolaborasi dengan para mitra strategis.

"Contohnya, #JagaEkonomiIndonesia, Waktu Indonesia Belanja (WIB) dan masih banyak lainnya," tutur Nuraini dalam keterangan tertulis.

Melalui berbagai inisiatif itu, kata Nuraini, perusahaan melihat kenaikan antusiasme luar biasa dari masyarakat dalam melakukan belanja online, termasuk selama pandemi.

Berikut ini rangkuman fakta menarik pada transaksi di Tokopedia sepanjang tahun 2020.

1. Jumlah Pesanan dan Produk Terbanyak Dibeli

Produk yang paling banyak dibeli dalam satu pesanan adalah baterai (jam dan kalkulator), yang secara kolektif mencapai 32.500 buah.

2. Transaksi Paling Jauh dan Peningkatan Transaksi Antarpulau

Transaksi paling jauh di Tokopedia selama 2020 adalah dari Banda Aceh ke Merauke. Transaksi antarpulau pun meningkat lebih dari 2 kali lipatm jika dibandingkan dengan 2019.

3. Total Jarak Kirim Paket

Total jarak kirim paket pesanan di Tokopedia mencapai lebih dari 46 miliar kilometer secara kolektif. Bahkan saat ini, sekitar 2 dari 3 pesanan yang terjadi di Tokopedia berhasil sampai ke pembeli di hari yang sama atau keesokan harinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Produk Makanan Paling Laris

Kampanye Tokopedia Nyam! telah mempermudah masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah. Tiga produk yang paling laku di program Terbukti Nyam! adalah madu, kopi dan frozen food.

5. Penjualan Produk Kesehatan Melonjak

Banyak penjual di Tokopedia yang bergerak membantu menyediakan produk kesehatan yang paling dibutuhkan masyarakat selama 2020. Total masker yang terjual mencapai lebih dari 5x total penduduk pulau Jawa. Di sisi lain, jumlah hand sanitizer yang terjual mencapai 4x total penduduk Bali.

3 dari 3 halaman

6. Kenaikan Jumlah Penjual Baru

Jumlah penjual baru yang bergabung di Tokopedia selama 2020 bisa mengisi penuh Stadion GBK sebanyak 36x. Saat ini, Tokopedia menjadi rumah bagi lebih dari 9,9 juta penjual, dimana hampir 100%nya adalah UMKM, bahkan 94% berskala ultra mikro.

7. Berbagi Kebaikan di Tengah Pandemi

Kondisi pandemi ternyata justru mendorong semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan. Sepanjang 2020, masyarakat Indonesia telah mengumpulkan hampir Rp80 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban di Tokopedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini