Sukses

Oppo dan Sony Garap Sensor Kamera Anyar untuk Find X3 Pro

Liputan6.com, Jakarta - Oppo diketahui memang kerap menggunakan sensor kamera Sony untuk smartphone besutannya. Terbaru, Oppo Reno5 Pro Plus 5G yang baru saja rilis menggunakan sensor terbaru Sony, yakni IMX766.

Melanjutkan kerja sama tersebut, dua perusahaan itu pun dikabarkan sedang mengembangkan sensor kamera terbaru. Leakster asal Tiongkok mengatakan, Oppo dan Sony diketahui tengah mengembangkan sensor kamera baru yang kemungkinan besar diberi nama IMX789.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (30/12/2020), sensor baru ini kabarnya akan hadir lebih dulu di lini Oppo Find X3, baru kemudian dapat digunakan manufaktur lain. Kendati demikian, kabar ini belum mendapat respons dari Oppo maupun Sony.

Terlepas dari hal tersebut, kerja sama Oppo dan Sony dalam pengembangan sensor kamera kustomisasi memang sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir. Salah satunya diterapkan pada Find X2 Pro yang menggunakan sensor kamera IMX689.

Oleh sebab itu, berdasarkan bocoran terbaru, sensor yang dikembangkan kali ini oleh kedua perusahaan digadang-gadang merupakan suksesor IMX689, mengingat nama yang digunakan.

Kemungkinan besar sensor ini akan hadir dengan sejumlah peningkatan kemampuan, termasuk kapasitas piksel yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Hanya belum diketahui, apakah sensor ini akan digunakan di seluruh lini Oppo Find X3 atau di varian tertentu saja.

2 dari 4 halaman

Oppo Akhirnya Ungkap Kemampuan yang Ada di Find X3

Oppo akhirnya mengumumkan salah satu kemampuan yang ada seri Find X3. Sebagai informasi, Find X3 merupakan  flagship smartphone besutan Oppo yang akan rilis pada 2021.

Adapun kemampuan yang dimaksud hadir di Oppo Find X3 adalah Full-path Color Management System. Sistem manajemen warna ini merupakan yang pertama di Android dengan dukungan penuh gamut warna DCI-P3 dan kedalaman warna 10-bit.

Sistem ini akan digunakan untuk proses pengambilan, penyimpanan, dan tampilan gambar maupun video. Nantinya, ssitem ini akan memberikan pengalaman menonton yang luar biasa dengan reproduksi warna otentik dan akurat.

“Tim R&D Oppo telah  mengembangkan Full-path Color Management System yang merupakan fungsi fundamental dalam tingkat sistem. Kini Oppo telah mencapai standar baru di mana setiap layar dapat menampilkan warna yang sama demi memastikan akurasi dan ketepatan,” tutur Chief Creative Officer, Oppo Indonesia, Patrick Owen, dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (12/12/2020).

 

3 dari 4 halaman

Tren Mendatang

Reno5 (Foto: Oppo Indonesia)

“Kami ingin memberikan pengalaman warna yang mulus dan sistematis kepada pengguna untuk menjelajah, mengabadikan, dan mengekspresikan diri mereka sepenuhnya,” tutur Owen melanjutkan. Terlebih, tren ke depan memang akan fokus pada gamut warna yang lebar dan kedalaman warna tinggi.

Owen menuturkan, sistem ini merupakan solusi end-to-end yang mendukung segala aspek mulai dari proses pengambilan gambar, komputasi, encoding, penyimpanan, decoding, dan akhirnya menampilkan gambar yang mendukung format HEIF dengan kedalaman warna 10bit dan gamut warna lebar P3.

“Melalui manajemen warna kami yang otentik, akurat, dan individual, OPPO Find X3 menawarkan cara yang intuitif bagi pengguna untuk berpetualang dan mengabadikan kehidupan dengan penuh warna,” tutur Owen mengakhiri pernyataannya.

4 dari 4 halaman

Oppo Find X3 Bakal Dilengkapi Snapdragon 888

Sebagai informasi, Oppo sedang menyiapkan flagship smartphone terbarunya. Perangkat tersebut adalah Oppo Find X3.

Dilansir GSM Arena, Kamis (3/12/2020), seri Oppo Find X3 akan hadir dengan chipset Snapdragon 888. Seri smartphone ini akan meluncur dalam dua varian yaitu Find X3 dan Find X3 Pro.

Sejauh ini belum ada bocoran dari Oppo mengenai spesifikasi Find X3. Informasi yang diketahui hanya Snapdragon 888 dan peluncurannya pada periode kuartal I 2021.

Seri Oppo Find X3 ini merupakan suksesor X2. Smartphone tersebut sebelumnya juga hadir dalam varian Find X2 dan X2 Pro.

(Dam/Ysl)

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Manisnya Boba