Sukses

Intel Core Gen 11, Prosesor Terbaru Intel untuk Laptop Tipis dan Ringan

Prosesor Intel Core Gen 11 ini menawarkan grafis Intel Iris Xe "Tiger Lake" yang ditujukan untuk laptop tipis dan ringan tetapi performanya flagship.

Liputan6.com, Jakarta - Intel meluncurkan prosesor mobile PC generasi terbaru, Intel Core Gen 11. Prosesor Intel Core Gen 11 ini menawarkan grafis Intel Iris Xe "Tiger Lake" yang ditujukan untuk laptop tipis dan ringan tetapi performanya flagship.

Dukungan prosesor ini membuat laptop tipis jadi bertenaga untuk produktivitas, kolaborasi, kreasi, gaming, dan hiburan untuk Windows maupun ChromeOS.

Intel Core Gen 11 meningkatkan teknologi proses SuperFin yang baru dari Intel. Prosesor ini juga diklaim mampu mengoptimalkan efisiensi penggunaan tenaga dengan kinerja dan respon cepat, ketika beroperasi pada frekuensi lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 150 laptop dari berbagai merek yang dijadwalkan bakal menggunakan prosesor ini. Mulai dari Acer, Asus, Dell, Dynabook, HP, Lenovo, LG, MSI, Razer, Samsung, dan lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Intel juga memperkenalkan platform merek Intel Evo untuk desain laptop terverifikasi dari program Project Athena dengan spek edisi kedua dan KEI (key experience indikator).

Berbasis prosesor Intel Core Gen 11 dan Intel Iris Xe, perangkat yang dilengkapi emblem Intel Evo akan terverifikasi sebagai laptop terbaik untuk semua kebutuhan. Total ada lebih dari 20 laptop yang terverifikasi dan tersedia pada tahun 2020 ini.

Wakil Presiden Eksekutif Intel dan Manajer Umum Client Computing Group Gregory Bryant mengatakan, prosesor terbaru ini merupakan lompatan besar dalam hal performa.

"Prosesor Intel Core Gen 11 dengan grafis Intel Iris Xe merupakan lompatan terbesar dan menjadi prosesor terbaik yang pernah kami buat," kata Bryant, dalam keterangan resmi Intel, Jumat (27/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelebihan Intel Core Gen 11: AI hingga Performa Lebih Cepat

Ia lebih lanjut mengatakan, prosesor ini mampu memenuhi segala kebutuhan pengguna, terutama untuk laptop yang terverifikasi Intel Evo.

Kelebihan di Intel Core Gen 11

Sebagai prosesor terbaik buatan Intel, Intel Core Gen 11 didukung berbagai fitur terintegrasi.

Mulai dari dukungan untuk platform tipis dan ringan terbaik dengan CPU, GPU, dan akselerasi AI yang optimal, optimasi software, dan maksimalkan kinerja pada aplikasi dan fitur paing sering dipakai pengguna.

Khusus untuk AI, prosesor ini mampu menghadirkan pengalaman AI lebih imersif dan personal. Termasuk audio yang disempurnakan dengan offload CPU untuk meredam bising, mengaburkan latar belakang dengan bantuan AI, video resolusi super, dekode video terbaru, dan dukungan teknologi WiFi 6.

3 dari 3 halaman

Performa Lebih Cepat

Dari segi performa, produktivitas dengan Intel Core Gen 11 diklaim 20 persen lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Dukungan Thunderbolt 4 juga memungkinkan empat port terhubung ke laptop dan akses kabel tunggal untuk fast charging, monitor eksternal, dan penyimpanan tambahan.

Dukungan lain adalah proses penyuntingan foto dan video dijanjikan 2,7 kali lebih cepat. Untuk hiburan pun, prosesor ini jadi yang pertama di industri yang mendukung perangkat keras Dolby Vision.

Untuk gaming, Intel Core Gen 11 menjanjikan performa gim dua kali lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.