Sukses

Samsung Tunda Peluncuran One UI 3.0 Beta untuk Galaxy S10

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan telah menunda peluncuran One UI 3.0 beta berbasis Android 11 untuk lini Galaxy S10. Penundaan dilakukan karena ada laporan versi beta ini masih memiliki masalah.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (18/11/2020), masalah utama yang ada di versi One UI 3.0 beta ini adalah baterai perangkat yang sudah menggunakannya cepat habis.

Informasi soal masalah ini diperoleh dari sejumlah pengguna yang sudah memasangnya, terutama dari perangkat lini Galaxy Note10. Karenanya, Samsung memutuskan untuk menunda peluncurannya untuk Galaxy S10.

Adapun penundaan ini diumumkan oleh Samsung Beta Software Operations Manager dalam unggahannya di forum komunitas Samsung Korea Selatan. Hanya memang tidak disebutkan hingga kapan penundaan ini akan dilakukan.

Sebagai informasi, One UI 3.0 beta memang sudah digulirkan untuk perangkat Galaxy S20, Galaxy Note20, dan Galaxy Note10. Tidak hanya Galaxy S10, penundaan juga dilakukan untuk Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold2.

Untuk diketahui, pemilik Galaxy Note 20 dan 20 Ultra bisa mendapatkan akses beta dengan mendaftar terlebih dahulu di aplikasi Samsung Member.

2 dari 3 halaman

Samsung Mulai Ungkap Deretan Peningkatan One UI 3.0

Samsung sudah beberapa kali menggulirkan One UI 3.0 versi beta untuk sejumlah perangkat. Namun baru kali ini, perusahaan mengungkap laman untuk One UI versi terbaru ini dan sejumlah peningkatan yang hadir di dalamnya.

Dilansir Phone Arena, Selasa (3/1/2020), salah satu peningkatan dilakukan Samsung pada panel Notification yang kini menempatkan beberapa notifikasi dari satu aplikasi dalam satu panel. 

Samsung juga melakukan optimalisasi pengaturan ukuran dan rasio layar. Dengan peningkatan ini, One UI 3.0 memberikan pengalaman penggunaan yang lebih nyaman di perangkat lipat, seperti Galaxy Z Fold2.

Fitur lain di yang juga hadir dan ditujukan untuk perangkat layar lipat adalah Multi-Active Window. Berbekal fitur ini, pengguna dapat membuka hingga tiga aplikasi dalam satu tampilan layar dan dapat mengatur ukurannya.

Lalu untuk urusan tampilan perangkat, One UI 3.0 hadir dengan Dynamic Lock Screen. Dengan fitur ini, tampilan latar belakang akan berganti setiap kali pengguna membuka perangkatnya.

Rencananya, seri Galaxy S20 akan menjadi lini perangkat pertama yang mendapatkan sistem operasi kustomisasi ini. Lalu disusul Galaxy Note 20 dan kemudian sejumlah perangkat lain besutan Samsung.

3 dari 3 halaman

One UI 3.0 Beta untuk Galaxy S20 Hadir di Jerman

Lebih lanjut, Samsung sebelumnya juga telah membuka One UI 3.0 beta untuk seri Galaxy S20. Kehadiran perangkat lunak tersebut pun kian diperluas.

One UI 3.0 pertama kali hadir untuk pengguna di Korsel dan AS. Namun, kini ketersediaanya diperluas untuk pengguna seri Samsung Galaxy S20 di Jerman.

Bagi pengguna yang ingin menjajal software tersebut juga harus mendaftar di Samsung Members App. Begitu mendapatkan persetujuan, maka pengguna akan melihat notifikasi pembaruan software.

One UI 3.0 beta untuk Galaxy S20 itu hadir dengan build number G98xxXXU1ZTJA, dan berukuran 1,8GB. Sebagai catatan, karena masih dalam versi beta maka One UI 3.0 ini belum sempurna sehingga akan ada bug.

(Dam/Isk)