Sukses

Sejumlah Pengguna iPhone 12 Keluhkan Hilangnya Notifikasi SMS dan Pesan

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna iPhone 12 mengeluhkan hilangnya notifikasi SMS dan pesan.

Belum jelas apakah masalah ini hanya berdampak pada iPhone 12 atau perangkat lainnya, namun mereka yang mengeluh sebagian besar adalah pengguna iPhone 12.

"Saya belum lama ini upgrade ke iPhone 12 dari iPhone 11 Max Pro. Saya sedang ngobrol di grup chat bersama anak-anak, salah satu anak menggunakan Android. Ia mendatangi saya dan bertanya kenapa tidak membalas pesan di grup," kata pengguna tersebut, seperti dikutip dari MacRumors, Sabtu (14/11/2020).

Pengguna itu pun mengecek iPhone 12 miliknya dan menyadari bahwa ia tak menerima pesan apapun di obrolan grup. Sang anak kemudian memperlihatkan perangkatnya dan benar saja, si anak mengirimkan pesan ke grup.

Kebanyakan pengguna yang mengeluh tidak mendapatkan notifikasi SMS dan pesan di grup chat. Namun, ada juga yang tidak bisa mengirimkan pesan pribadi.

"Saya juga mengalami masalah yang sama. Tampaknya masalah terjadi di obrolan grup, jika di dalamnya ada pengguna Android. Saya dan teman, baru saja bertukar pesan di iMessage dan tidak ada masalah dengan itu," kata pengguna lainnya.

2 dari 3 halaman

Laporkan Bug ke Apple

Ia mengaku sudah melaporkan bug tersebut ke Apple.

"Saya baru sadar hal ini terjadi setelah berpindah ke iPhone 12 dari sebelumnya iPhone XS. Saya mencoba hapus semua pesan dan me-reboot perangkat, mematikan iMessage dan menyalakannya lagi," katanya.

Ada juga pengguna yang mengeluh pesan masuk tetapi tidak ada notifikasi. Pengguna ini menyebut, ia bertukar pesan dengan ibunya yang iPhone XR-nya baru update ke iOS 14.2.

3 dari 3 halaman

Tak ada Notifikasi

"Dalam prosesnya, ibu berhenti membalas pesan saya. Saya kirim lagi pesan ke dia tetapi dia bilang tidak ada pesan masuk. Saya kemudian tidak mendapatkan notifikasi sama sekali dan harus mengecek secara manual apakah ada pesan atau tidak," katanya.

Pengguna tersebut pun menyalahkan iOS 14 sebagai penyebab masalah ini.

MacRumors menduga kemungkinan masalahnya ada di operator yang perlu meng-update firmware atau bisa juga masalahnya ada di Apple yang perlu memperbarui software-nya. Tampaknya masalah ada di iOS 14.1 dan iOS 14.2.

(Tin/Isk)