Sukses

PANDI Gandeng Universitas Udayana Gelar Kompetisi Website Aksara Bali

PANDI menggandeng Universitas Udayana (UNUD) menggelar kompetisi pembuatan website yang kontennya ditulis dalam aksara Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menggandeng Universitas Udayana (UNUD) menggelar kompetisi pembuatan website yang kontennya ditulis dalam huruf atau aksara Bali.

Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI, mengatakan kompetisi ini merupakan kelanjutan dari serangkaian acara yang ada dalam program Merajut Nusantara Melalui Digitalisasi Aksara.

"Seperti kita ketahui sebelumnya telah diselenggarakan kompetisi aksara Jawa dan aksara Sunda yang saat ini masih berjalan. Pada kesempatan ini kami dan UNUD menyelenggarakan kompetisi serupa untuk aksara Bali," ujar Yudho melalui keterangannya, Rabu (4/11/2020).

Ia berharap nantinya akan ada banyak konten yang bermunculan dan bervariasi di internet dengan aksara Bali, sejalan dengan semangat kompetisi yang akan dilaksanakan.

"Tren positif ini harus terus diupayakan agar semakin banyak masyarakat yang menggunakan aksara leluhurnya. Dengan demikian, aksara daerah khususnya Bali akan terus lestari," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan UNUD 

Sementara Anak Agung Raka Sudewi, selaku Rektor UNUD mengatakan bahwa Udayana sebagai kampus yang berbasis budaya memiliki kepentingan secara sosial maupun akademis untuk turut serta menyukseskan program digitalisasi aksara ini, melalui kompetisi pembuatan web berkonten aksara Bali.

Sejatinya aksara Bali merupakan salah satu kekayaan budaya Bali yang keberadaannya perlu mendapat perhatian serius.

"Keberadaan aksara Bali sudah mendapat perhatian serius dari Pemerintah Daerah Bali, terlebih setelah adanya Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2018 tentang Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Peraturan Gubernur Bali No. 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali," Anak Agung memaparkan.

Untuk itu UNUD turut serta mendukung segala usaha untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan keberadaan aksara Bali.

 

3 dari 3 halaman

Pendaftaran Kompetisi

Pendaftaran kompetisi pembuatan website berkonten aksara Bali dalam rangka HUT IX Mahasaba diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober hingga 8 November 2020.

Formulir pendaftaran dapat diunduh pada tautan s.id/LombaDesainWebsite2. Adapun sarat dan ketentuan lomba bisa dilihat pada tautan s.id/SKLombaDesainWebsite.

Info lebih lengkap bisa kunjungi akun instagram @pandi_id dan @mahasabaudayana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.