Sukses

Netflix dan Disney Plus Bakal Jadi Aplikasi Bawaan di PS5

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja mengumumkan PS5 akan menjadi perangkat hiburan yang lengkap, langsung saat pertama kali rilis nanti. Sebab, konsol itu akan langsung diisi dengan deretan aplikasi hiburan kenamaan.

Dikutip dari The Verge, Senin (26/10/2020), sejumlah aplikasi streaming populer, seperti Apple TV Plus, Amazon Prime Video, Disney Plus, Hulu, Netflix, Peacock, Spotify, Twitch dan YouTube dipastikan langsung hadir di PS5 pada 12 November nanti.

Tidak hanya itu, Sony juga mengumumkan PS5 Media Remote yang meluncur bersama dengan konsol anyar tersebut akan memiliki tombol khusus untuk Disney Plus, Netflix, Spotify, dan YouTube.

Namun perlu diketahui remote tersebut dijual terpisah dari paket pembelian PS5. Adapun remote ini dibanderol dengan harga USD 30 atau sekitar Rp 440 ribu.

Langkah Sony untuk menghadirkan layanan hiburan lain di PS5 juga terlihat dari tampilan antarmukanya. Berdasarkan informasi yang diungkap, PS5 kini memiliki laman untuk aplikasi hiburan yang terpisah dari gim.

"Membuat ruang khusus Gim dan Media menghadirkan pengalaman yang lebih cepat dan mudah, bagi pengguna PS5 untuk beralih dari gim ke konten hiburan kapanpun diinginkan," tulis perusahaan dalam laman blog-nya.

Bersama dengan pemisahan ini, pengguna juga tidak perlu lagi mengunduh aplikasi hiburan melalui PS Store. Sony pun mengatakan ke depannya akan lebih banyak aplikasi yang hadir di platform PS5.

2 dari 3 halaman

Sony Ungkap Kemampuan Rahasia Kipas Pendingin di PS5, Apa Itu?

Sebelumnya, Sony juga mengungkap informasi tentang fungsi sistem pendingin pada PS5. 

Dikutip dari GSMArena, Rabu (21/10/2020), PS5 memiliki sistem pendingin yang dapat mengontrol kipas di dalam konsol berdasarkan gim yang dimainkan.

Bagaimana caranya? Sony menyebutkan, kemampuan "pintar" kipas pendingin di konsol ini akan mengandalkan data yang dikumpulkan oleh APU AMD.

Saat gamer menyalakan dan bermain gim, APU konsol mengumpulkan data gim yang sedang dimainkan dan secara dinamis menyesuaikan kecepatan rotasi kipas untuk menjaga PS5 tetap dingin.

3 dari 3 halaman

Gulirkan Update Software untuk Kipas di PS5

Lebih lanjut, insinyur Sony juga menyebutkan, kipas di PS5 akan bisa disetel dan ditingkatkan kemampuannya lewat update yang digulirkan oleh perusahaan.

Dengan begini, gamer dapat mengandalkan peningkatan secara berkala karena kipas pendingin ini sangat diandalkan bilamana ingin bermain gim di PS5 selama berjam-jam.

Selain pendingin yang lebih besar, APU, dan sensor termal, PlayStation 5 juga menyertakan liquid metal untuk memastikan kontak sempurna antara CPU dan cooler.

Sony akan mulai menjual konsol PS5 pada 12 November 2020 untuk beberapa negara tertentu, seperti di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: