Sukses

Nokia Terlibat di Proyek NASA untuk Pancarkan 4G di Bulan

Berbeda dengan jaringan LTE di bumi, pada proyek ini Nokia secara khusus merancang jaringan LTE yang dapat menahan suhu ekstrem, radiasi, dan kondisi ruang hampa

Liputan6.com, Jakarta - Nokia terpilih untuk terlibat dalam proyek NASA di Bulan. Perusahaan berbasis di Finlandia itu menjadi salah satu mitra NASA untuk mengembangkan teknologi "Tipping Point" di Bulan.

Dalam sebuah utas di akun Twitter resmi Bell Labs, yang merupakan lembaga riset dan pengembangan di bawah naungan Nokia, perusahaan menyebut bahwa inovasi pionirnya akan digunakan untuk membangun dan menyebarkan jaringan nirkabel pertama di bulan.

"Dimulai dengan teknologi 4G/LTE dan ke depannya berkembang menjadi," tulis Bell Labs.

Pada praktiknya, perusahaan juga akan bekerja sama dengan Intuitive Machines

"Jaringan inovatif ini akan menjadi jalinan komunikasi penting untuk aplikasi transmisi data, termasuk kontrol penjelajah bulan, navigasi waktu nyata di geografi bulan, dan video streaming definisi tinggi," tulis Bell Labs.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahan Kondisi Esktrem

Berbeda dengan jaringan LTE di bumi, pada proyek ini Nokia secara khusus merancang jaringan LTE yang dapat menahan suhu ekstrem, radiasi, dan kondisi ruang hampa.

Selain itu, jaringan LTE ini juga akan tahan getaran cukup besar selama peluncuran dan pendaratan di permukaan Bulan.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini