Sukses

Kondisi Terkini Situs DPR yang Sempat Diretas Jadi Dewan Penghianat Rakyat

Berikut ini adalah informasi terbaru mengenai situs web DPR yang sempat mengalami peretasan.

Liputan6.com, Jakarta - Situs web DPR sempat mengalami aksi peretasan berupa deface. Lewat aksi tersebut, nama 'Dewan Perwakilan Rakyat' diubah menjadi 'Dewan Penghianat Rakyat'.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (8/10/2020), aksi tersebut sempat ramai di Twitter. Sejumlah akun pun diketahui sempat mengunggahnya perubahan itu di media sosial tersebut.

Salah satunya adalah akun @saintlaurs yang mengunggah video singkat mengenai perubahan tersebut. "Udah pada tau belom website DPR dihack hahahahahh," tulisnya.

Adapun setelah dicek kembali, video tersebut berasal dari media sosial TikTok dan diunggah oleh akun bernama @donie.chandra. Setelah perubahan tersebut, situs DPR ternyata sempat down hingga siang ini.

Situs DPR diretas

Akibatnya, sejumlah warganet sempat bertanya-tanya apakah memang situs web DPR sedang diretas. "gue buka website dpr di google, safari, ama chrome error, di hack ya?" kicau salah satu akun bernama @chaerophile.

Kendati demikian, untuk saat ini, situs web DPR berangsur pulih dan mulai kembali dapat diakses. Perubahan nama yang sebelumnya terjadi juga sudah kembali normal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polisi Selidiki Dugaan Peretasan Situs DPR Jadi Dewan Penghianat Rakyat

Sebelumnya, hingga pagi Kamis (8/10/2020), situs web DPR belum dapat diakses publik. Sementara, sempat beredar sejumlah video yang viral di social media menunjukkan laman situs tersebut berganti tulisan menjadi "Dewan Penghianat Rakyat Republik Indonesia".

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, pihaknya akan menelusuri temuan tersebut.

"Diselidiki," tutur Argo saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Diduga, peretasan situs DPR tersebut merupakan buntut kekecewaan masyarakat atas pengesahan Omnibus Law RUU Cipta Kerja.

"Nanti setelah ada hasil lidik (diketahui motifnya)," kata Argo.

Selain itu, laman situs DPRD Parepare yang beralamat di dprd-pareparekota.go.id diretas orang tak dikenal. Tampilan web-nya (deface) berubah dan penuh kata-kata makian.

3 dari 3 halaman

Situs Web DPRD Parepare Berubah Tampilan Gara-Gara Diretas

Laman situs DPRD Parepare yang beralamat di dprd-pareparekota.go.id telah diretas, dan diubah tampilan web-nya (deface).

Saat mengakses situs, laman utama web yang seharusnya menampilkan beragam informasi umum pun berubah dengan foto bertuliskan "The Real Imposter".

Selain itu, si peretas (hacker) yang mengatasnamakan Juna dan Lutfie404 ini juga turut menuliskan sebuah kalimat yang berbunyi.

Hai DPR,Para Bedebah,Anjing,Tikus Berdasi,Sekaligus Sampah Masyarakat.Sudahkah Kalian memikirkan Aspirasi Rakyat hari ini? Atau justrusibuk tidur memimpikan Uang yang kalian dapatkan?THE REAL IMPOSTOR INDONESIA

Informasi, aksi hacking dan deface ini merupakan sebuah upaya peretasan yang sering kali menyerang situs web pemerintahan.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.