Sukses

4 Tips dalam Memilih Jasa Penyedia Web Hosting bagi UMKM

Liputan6.com, Jakarta - Covid-19 sangat berdampak terhadap banyak sektor, termasuk perekonomian. Di Indonesia sendiri terjadi penurunan omzet hingga lebih dari 50 persen di kalangan pelaku usaha, termasuk pelaku UMKM. Bahkan, sebagian lainnya terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja besar-besaran.

Organization of Economics Cooperation and Development (OECD) bahkan pernah melontarkan prediksi, sekitar separuh UMKM di Indonesia akan gulung tikar selepas September. Atas dasar itu, Kementerian Koperasi dan UKM telah meminta para pelaku UMKM untuk mulai beralih ke media daring dalam memasarkan produk mereka.

Menurut data Kementerian, pada Mei 2020 disebutkan bahwa sekitar 8 juta UMKM di Indonesia sudah go digital. Angka itu ditargetkan mencapai 10 juta UMKM pada akhir tahun ini.

Secara tidak langsung, peralihan ke platform digital mendorong kemunculan berbagai situs web baru. Hal ini juga tecermin dari pengguna jasa web hosting yang meningkat secara siginifikan mulai periode Juni hingga September.

Eko Danang Waskito, salah satu pendiri jasa web hosting Rackrock.co.id melihat ada aspek positif, yakni semakin banyak pelaku UMKM melek internet, meskipun sebagian di antaranya harus sedikit dipaksa karena kondisi pandemi ini.

Tentu, peningkatan permintaan web hosting menguntungkan perusahaan penyedia jasa web hosting. Oleh karena itu, Danang membagikan beberapa saran dalam memilih jasa penyedia web hosting.

 

2 dari 3 halaman

Layanan 24 Jam

Pertama, Danang sangat merekomendasikan untuk mencari penyedia jasa web hosting dengan layanan 24 jam, tak terkecuali di hari libur.

"Jadi jika sewaktu-waktu website bermasalah, maka tim dari penyedia jasa tersebut bisa langsung membantu," tutur Danang.

Selain itu, kata dia, lokasi server juga mesti masuk ke dalam pertimbangan. Mengingat target pasar pelaku UMKM masih sebatas pasar lokal, dia menyarankan untuk memilih jasa web hosting dengan lokasi serveri di Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Layanan Backup Data

Saran selanjutnya adalah mencari jasa web hosting dengan layanan backup data, sehingga jika situs web mengalami masalah, datanya bisa dipulihkan lagi seperti sedia kala. Terakhir, Danang menyarankan untuk memakai jasa web hosting dengan kapasitas penyimpanan besar.

"Salah satu penyedia jasa web hosting yang memberikan semua itu adalah Rackrock.co.id. Unlimited Web Hosting Indonesia. Kami memberikan solusi layanan bisnis premium dengan harga terjangkau," kata Danang.

BERANI BERUBAH: Ketika Bisnis dan Beramal Bersatu