Sukses

iPad Gen 8 Resmi Diumumkan, Harganya?

Meski dijual dengan harga yang murah dari seri lainnya, iPad gen 8 tetap mengusung prosesor lebih cepat dan bentang layar yang luas berukuran 10.2 inci.

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja mengumumkan sederetan produk terbaru mereka dalam acara khusus yang digelar dini hari Rabu 16 September 2020.

Dari sekian produk yang diumumkan Apple pagi hari tadi, seri iPad terbaru milik perusahaan rintisan Steve Jobs ini cukup menarik perhatian.

Diketahui, Apple merilis dua seri tablet terbarunya pada acara bertajuk Time Flies, yakni iPad Air dan iPad generasi ke-8 (iPad gen 8).

Namun dari kedua iPad yang diumumkan, seri iPad gen 8 cukup menarik perhatian. Kenapa?

Salah satu alasannya adalah harga yang terjangkau, prosesor lebih cepat seri sebelumnya, dan bentang layar berukuran 10.2 inci.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, iPad gen 8 ini sudah dilengkapi dengan layar IPS Retina Display berukuran 10.2 inci beresolusi 2160 x 1620 piksel.

Apple menyebutkan, layar iPad gen 8 ini sudah mendukung aksesoris Apple Pencil generasi pertama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Spesifikasi iPad Gen 8

iPad gen 8. (Doc: Apple)

Dalam hal performa, Apple sudah menyematkan prosesor baru buatan perusahaan, yakni A12 Bionic.

Tak hanya menawarkan performa yang lebih cepat, chipset A12 Bionic ini juga memiliki kemampuan "Neural Engine" yang akhirnya hadir ke seri iPad kelas bawah ini.

Perusahaan mengklaim, prosesor baru ini akan menawarkan performa grafis yang lebih baik ketimbang dari serri sebelumnya. 

3 dari 5 halaman

Kamera

iPad gen 8. (Doc: Apple)

Untuk kategori kamera, iPad gen 8 dilengkapi dengan kamera 8MP (megapiksel) dengan aperture f//2.4.

Lensa ini juga sudah mendukung kemampuan merekam video HD 1080p di 30 fps, slo-mo 720p di 120 fps, dan sudah dilengkapi dengan video image stabilizaion.

Bagi yang ingin selfie dan FaceTime, perusahaan juga sudah menyematkan kamera 1.2MP berkemampuan retina flash, HDR, Live Photos, Burst Mode, dan lainnya.

4 dari 5 halaman

Software iOS

Apple menyebutkan, iPad yang masuk ke dalam kategori entry level ini akan langsung dilengkapi dengan OS terbaru Apple, yaitu iPadOS 14.

Dengan OS anyar ini, iPad baru Apple akan dilengkapi dengan berbagai macam fitur baru.

Sayangnya, iPad gen 8 ini masih memakai Lightning port ketimbang USB C seperti yang terpasang di iPad Air.

Bagi yang ingin bernostalgia, Apple menyertakan sebuah tombol TouchID di bagian depan layar.

 

5 dari 5 halaman

Harga dan Ketersediaan

Apple iPad gen 8 10.2 hadir dengan dua pilihan penyimpanan berkapasitas 32GB dan 128GB. Dia juga akan hadir dalam tiga opsi warna, yaitu space gray, silver, dan gold.

Lalu berapa harga tablet Apple ini? Untuk versi WiFi, iPad gen 8 ini akan dijual seharga USD 329 atau sekitar Rp 4,8 jutaan.

Sedangkan versi LTE akan dibanderol seharga USD 459 atau setara dengan Rp 6,8 jutaan.

Kedua versi iPad gen 8 ini sudah bisa di pre-order sekarang dan akan dirilis resmi pada 18 September 2020.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini