Sukses

Oppo Resmi Perkenalkan ColorOS 11, Hadirkan Kustomisasi Menyeluruh

Liputan6.com, Jakarta - Oppo akhirnya secara resmi meluncurkan sistem operasi kustomisasi terbaru besutannya, yakni ColorOS 11. Sesuai informasi sebelumnya, ColorOS terbaru ini berbasis Android 11.

"ColorOS menjadi satu-satunya rekanan yang paling cepat mengadopsi Android 11. Tidak hanya menyajikan Android 11 tercepat, tapi kami juga kolaborasi dengan tim Google Lens," tutur PR Manager Oppo Indonesia, ColorOS, Aryo Meidianto saat bertemu awak media secara virtual, Selasa (15/9/2020).

Lebih lanjut Aryo menuturkan bentuk kerja sama yang dilakukan Oppo dengan Google adalah menghadirkan integrasi fitur ColorOS dengan kemampuan penerjemah di aplikasi Lens.

"Jadi, ColorOS 11 memungkinkan melakukan fungsi screenshot layar tiga jari yang langsung dapat diterjemahkan. Fungsi screenshot tiga jari sendiri merupakan fitur ColorOS yang dipadukan dengan kemampuan penerjemah Google Lens," tutur Aryo menjelaskan.

Tidak hanya itu, ColorOS 11 juga memiliki kemampuan kustomisasi yang lebih personal. Untuk itu, kustomisasi yang dihadirkan Oppo meliputi wallpaper berbasis foto yang dimiliki pengguna, desain Always-On-Display, nada dering, hingga skema warna.

Kemampuan Dark Mode di ColorOS 11 juga ditingkatkan. Jadi, pengguna dapat memilih mode warna gelap yang ingin ditampilkan, tergantung dari skema warna dan tingkat kontras.

Lalu, ada fitur Battery Guard yang hadir untuk melindungi baterai smartphone Oppo dari kerusakan akibat pengisian daya terlalu lama. Untuk melakukannya, fitur ini akan mengenali kebiasaan pengguna terlebih dulu.

Sebagai contoh, Aryo menjelaskan, fitur ini mampu menghentikan pengisian daya di kapasitas 80 persen pada malam hari, jika merasa pengguna sudah tertidur. Lalu, fitur pengisian daya akan kembali berjalan apabila smartphone mengenali penggunanya sudah bangun.

"Fitur ini hadir dari feedback pengguna di Indonesia yang suka khawatir kalau baterai rusak karena pengisian daya. Jadi, fitur ini dapat membaca kebiasaan pengguna, sehingga tidak ada kekhawatiran terjadi overcharge," ujarnya melanjutkan.

Selain deretan fitur di atas, Aryo juga memastikan ColorOS 11 hadir dengan deretan fitur yang telah ada di Android 11. Karenanya, fitur seperti Nearby Share hingga Bubble juga dapat dinikmati pengguna nantinya.

2 dari 3 halaman

Pengguna Indonesia di Mata ColorOS

Aryo juga menambahkan penggguna Indonesia di mata ColorOS memang penting. Alasannya, selain pengguna perangkat Oppo yang tergolong tinggi di Indonesia, partisipasi beta tester juga terbilang aktif.

"Pengguna beta tester di Indonesia tidak hanya sekadar mencoba, tapi juga memberikan feedback. Karenanya, di setiap bagian ColorOS yang rilis nanti, ada feedback dari pengguna di Indonesia," tutur Aryo melanjutkan.

Selain mengumumkan kehadirannya, Oppo juga langsung membuka akses ColorOS 11 Beta Version ke pengguna lini Find X2 sejak kemarin. Akses ini juga dibuka untuk pengguna yang ada di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Cara Akses ColorOS 11 Beta Version

Untuk mengakses ColorOS 11 Beta Version ini, pengguna lini Find X2 Series cukup membuka menu Settings, lalu pilih Software Update. Setelahnya, pengguna tinggal membuka ikon segi enam.

Apabila sudah terbuka, pengguna akan melihat opsi Beta Version dan membukanya. Lalu, pengguna tinggal mengisi informasi yang dibutuhkan dan mendaftarkannya.

Begitu seluruh proses selesai, pengguna tinggal menunggu Oppo menggulirkan update melalui OTA (Over-the-Air) dan merasakan langsung pengalaman memakai ColorOS 11.

(Dam/Ysl)