Sukses

Eduka Quiz Hadirkan Platform Latihan Soal dengan Konsep Sekali Bayar untuk Selamanya

Liputan6.com, Jakarta - Edtech startup Eduka System merilis platform latihan soal bernama Eduka Quiz. Ia dirancang khusus untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas 10, 11 dan 12.

"Eduka Quiz dapat dikatakan sebagai perwujudan Buku LKS (Lembar Kerja Siswa) yang biasa digunakan namun berbentuk secara online," ujar CEO PT Eduka Teknologi Indonesia, Ahmad Faiz Sahupala dalam keterangan tertulis, Senin (14/9/2020).

Edukasi Quiz, berbeda dari platform penyedia soal lainnya, dilengkapi dengan beberapa fitur menarik. Ahmad menyebut fitur-fitur ini dapat memudahka pengguna untuk mengerjakan latihan soal dalam mempersiapkan ulangan harian, ujian sekolah, hingga Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

Fitur-fitur yang dimaksud mencakup Topik Belajar, yang memungkinkan pengguna menjalankan proses pembelajaran berwawasan. Pembelajaran juga dibuat terstruktur per pelajaran dan per semester. Konsep ini diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam mengerjakan soal dan mudah memahaminya.

"Materi pada suatu bab dipecah ke konsep-konsep yang lebih kecil supaya mudah dipahami. Konsep berisi rangkuman dan mini quiz," kata Ahmad lebih lanjut.

Fitur lainnya termasuk Quiz, yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pengguna dengan cara menyenangkan sekaligus menantang. Quiz dikerjakan secara berurutan, dan setiap soal diberikan batas waktu untuk menjawab. Pengguna akan mendapatkan poin setiap menjawab pertanyaan dengan benar.

 

2 dari 3 halaman

Turnamen

Selanjutnya adalah fitur Turnamen, yang dirancang khusus untuk berlatih soal dalam mempersiapkan diri untuk ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Pengguna yang mengerjakan soal sebanyak mungkin akan mendapatkan poin yang dapat digunakan untuk potongan harga. Keuntungan ini dapat ditemukan dalam fitur Trofi dan Poin.

"Kumpulkan juga trofi lewat Turnamen. Yuk, sering juara dan jadikan nama kamu nomor 1 di leaderboard," kata Ahmad.

Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Statistik Personal untuk memantau perkembangan belajar. Statistik ini juga dapat berperan sebagai umpan balik bagi pengguna dalam meningkatkan kemampuan mereka.

 

3 dari 3 halaman

Tarif

Di Eduka Quiz, pengguna dapat mengakses soal selamanya hanya dengan sekali bayar.

"Paket Pemanasan terdiri dari LKS online 8 mata pelajaran dalam 1 semester kelas. Cocok untuk persiapan UAS dan bisa untuk kelas 10, 11, 12 dengan harga Rp10 ribu per pelajaran," tutur Ahmad.

Ada pula Paket Serius, yakni LKS online 16 mata pelajaran dalam 1 Kelas (2 semester). "Itu cocok untuk mereka yang ingin fokus latihan soal setahun dan bisa untuk kelas 10, 11, 12 dengan harga Rp8.750 per pelajaran," ujar Ahmad.

Terakhir, ada paket Ambisi, yaitu LKS online 48 mata pelajaran dalam 3 kelas (6 semester).

"Paket ini cocok untuk semua jejang yang ingin memahami seluruh materi SMA, bisa kelas 10, 11, 12 dengan harga Rp6.250 per pelajaran," kata Ahmad menutup pernyataannya.