Sukses

Huawei Mobile Services Kini Punya 490 Juta Pengguna Aktif

Huawei Mobile Services saat ini mempunyai 490 juta pengguna aktif dan mencapai 261 miliar unduhan atas aplikasi-aplikasi di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pada sesi keynote di ajang Huawei Developer Conference 2020 yang digelar secara daring di kanal YouTube dan halaman Facebook perusahaan, CEO Huawei Consumer Business Group Richard Yu menyatakan Huawei Mobile Services (HMS) merupakan ekosistem apliksai mobile terbesar di dunia.

"Itu dapat tercapai berkat 1,8 juta pengembang berbakat kami," ujar Yu, Kamis (10/9/2020).

Yu juga menyebut ekosistem Huawei Mobile Services saat ini mempunyai 490 juta pengguna aktif dan mencapai 261 miliar unduhan atas aplikasi-aplikasi di dalamnya.

"Selain itu, ada sekitar 96 ribuan aplikasi yang terintegrasi dengan HMS," tutur Yu lebih lanjut.

Sejak ekosistem ini pertama kali diperkenalkan, perusahaan telah melakukan serangkaian perbaikan dan peningkatan kemampuan. Kini, pada HMS Core 5.0, perusahaan menawarkan banyak hal yang pengembang aplikasi dapat pertimbangkan.

"Ekosistem kami ini sepenuhnya terbuka. Di HMS Core 5.0 kami menawarkan 7 domain teknis (technical domains), 5 lingkungan pengembangan terintegrasi (integrated development environment; IDE), dan hampir 13 ribu API [Application Programming Interface] sesuai dengan skenario yang diperlukan pengembang," kata Yu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

API di HMS Lebih banyak daripada di GMS

Jumlah API yang ditawarkan HMS Core 5.0 ini, menurut Yu, jauh lebih banyak daripada API di GMS Core. Oleh sebab itu, Yu meyakini bahwa HMS dapat menjadi ekosistem yang tepat bagi para pengembang aplikasi mobile.

Pada praktiknya, HMS Core 5.0 juga menawarkan teknologi lainnya yang akan memudahkan pengembang dalam pengerjaan aplikasi dengan Kecerdasan Buatan, Kemampuan Terdistribusi (Distributed Capabilities), Fotografi, Komunikasi, Huawei AR Map, dan Graphics Rendering.

Di sektor fotografi, misalnya, ada Camera Kit yang mmeungkinkan pengembang menggarap aplikasi fotografi dengan fitur-fitur khas di aplikasi kamera di ponsel andalan Huawei, seperti Video HDR, Video Blurring, AI Photography, Super Nightscape, dan Super Slow-Mo.

Lalu untuk telekomunikasi dan transmisi, perusahaan menawarkan Share Kit yang keepatan transmisi datanya diklaim 80 persen lebih cepat, Cast+ Kit dengan latensi rendah dan proyeksi stabil, serta Wireless Kita yang menawarkan pengalaman live streaming lancar dan 20 persen lebih cepat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini