Sukses

10 Gim dengan Pemasukan Tertinggi per Q2 2020

Liputan6.com, Jakarta - Bermain gim menjadi salah satu kegiatan alternatif bagi orang-orang ketika mereka berdiam diri di rumah selama pandemi Covid-19. Hal ini secara langsung berdampak pada peningkatan angka unduhan dan pemasukan bagi penerbit gim.

Tercatat, menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower, PUBG Mobile menjadi gim dengan pemasukan tertinggi pada kuartal kedua 2020 (Q2 2020).

Gim milik Tencent itu dilaporkan meraup pemasukan bruto tertinggi hampir USD 621 juta atau sekitar Rp 9 triliun pada periode tersebut.

Namun memang, jika dibandingkan dengan kuartal Q1 2020 yang mencapai yakni USD 674,5 juta atau sekitar Rp 9,9 triliun, ada penurunan sekitar 8 persen.

10 Gim dengan Pemasukan Tertinggi per Q2 2020. Kredit: Sensor Tower

"Puncak pemasukan tertinggi PUBG Mobile terjadi pada bulan Maret, tepat sebelum berakhirnya lockdown di Tiongkok, yakni USD 270 juta atau sekitar Rp 3,9 triliun," ujar Craig Chapple, Mobile Insights Strategist, EMEA di Sensor Tower, dikutip dari keterangan resmi perusahaan.

Di tempat kedua, ketiga, keempat, dan kelima ada Honor of Kings, Monster Strike, Roblox dan Pokmen GO. Lalu posisi keenam hingga kesepuluh diisi oleh Coin Master, Gardenscapes, Fate/Grand Order, Rise of Kingdoms, dan Candy Crush Saga.

2 dari 3 halaman

Orang Indonesia Kedua Paling Banyak Unduh TikTok per Juli 2020

Sementara itu TikTok menjadi aplikasi kategori selain gim paling banyak diunduh di seluruh dunia per Juli 2020.

Aplikasi di bawah naungan Bytedance itu, menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower, mengantongi lebih dari 65,2 juta unduhan, yang setara dengan 21,4 persen peningkatan dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Negara-negara dengan pemasangan aplikasi TikTok terbanyak selama periode ini adalah pengguna berbasis di Amerika Serikat dengan 9,7 persen dan Indonesia dengan 8,5 persen," ujar Julia Chan, Mobile Insights Analyst dikutip dari keterangan resmi perusahaan.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Lengkap

Dalam laporan 10 besar aplikasi kategori non gim di seluruh dunia per Juli 2020 tersebut, Facebook menempati posisi kedua dengan lebih dari 53,6 juta unduhan.

"Negara-negara dengan jumlah pemasangan Facebook terbesar adalah India dengan 23,1 persen, diikuti oleh Indonesia dengan 9,1 persen," tutur Julia.

Di posisi ketiga, keempat dan kelima ada ZOOM, Instagram, dan WhatsApp sebagai aplikasi kategori non gim paling banyak dipasang di seluruh dunia pada bulan tersebut.

Adapun posisi keenam hingga kesepuluh diisi oleh Messenger, Google Meet, Snack Video, Likee, dan Instagram.