Sukses

Sony Hadirkan Dukungan RAW untuk Mode Photo Pro di Xperia 1 II

Liputan6.com, Jakarta - Sony merilis pembaruan untuk Xperia 1 II. Smartphone tersebut kini mendapatkan dukungan RAW untuk mode Photo Pro.

Dilansir GSM Arena, Rabu (29/11/2020), dukungan RAW tersebut hadir bersamaan dengan pembaruan keamanan Juli dengan versi 58.0.A.3.88. Pembaruan tersebut berukuran 75MB.

Selain kehadiran dukungan RAW, pembaruan itu juga membawa peningkatan untuk kamera depan saat melakukan panggilan video. Sayangnya, fitur Night Mode masih belum dihadirkan.

Xperia 1 II pertama kali diumumkan pada Februari 2020, dan mulai dijual pada Mei lalu. Saat itu, kekurangan pada mode Photo Pro adalah absennya dukungan file RAW.

2 dari 3 halaman

Sony Rilis Flagship Xperia 1 II, Ini Spesifikasinya

Sony beberapa bulan lalu mengumumkan flagship terbarunya, Sony Xperia 1 II (Xperia One Mark Two). Smartphone ini hadir dengan panel HDR OLED 6,5 inci dengan rasio 21:9.

Sony melewatkan refresh rate tinggi untuk layar dan memilih mengimplmentasikan Motion Blur Reduction. Perusahaan mengklaim menyesuaikan manfaat layar 90Hz dengan menganalisis apa yang ada di layar.

Xperia 1 II memiliki tiga kamera belakang yang berada di sisi kiri. Resolusinya adalah 12MP sebagai kamera utama, 12MP untuk ultrawide, dan 12MP telephoto.

Sony pertama kalinya bekerja sama dengan Zeiss untuk kamera pada smartphone besutannya. Sementara itu, kamera depan memiliki resolusi 8MP.

Mengenai fokus kamera, Xperia 1 II hadir dengan Eye AF dari Xperia 1. Namun, kali ini hanya berfungsi pada hewan. Sony mengungkapkan ini adalah smartphone pertama yang bisa melakukan burst 20fps dengan AF tracking, yang berarti semua pengambilan gambar dalam burst akan menjadi fokus.

Sony mengumumkan kamera baru dikalibrasi oleh Zeiss, khusus untuk ponsel Xperia dengan lapisan anti-reflektif Zeiss T* yang sebelumnya hanya tersedia pada lensa profesional. Ini akan mengurangi efek ghosting ketika pengguna mengambil gambar ke sumber cahaya.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Lain

Xperia 1 II menjalankan Android 10 dan disokong chipset Snapdragon 865 dengan modem 5G. Spesifikasi lainnya termasuk RAM 8GB dan memori UFS 256GB.

Smartphone dengan rating IP65/IP68 untuk perlindungan terhadap air dan debu ini memiliki baterai 4.00mAh dengan dukungan wireless charging. Fitur lainnya termasuk audio jack 3,5mm dan sensor sidik jari pada bagian kanan ponsel.

Xperia 1 II juga dilengkapi dengan aplikasi baru bernama Camera Pro. Aplikasi ini menyediakan banyak kontrol dan color management pre-sets untuk berbagai pengaturan.

(Din/Isk)