Sukses

GoPlay Live Siap Bantu Musisi Indonesia Gelar Konser Online

Liputan6.com, Jakarta - GoPlay baru saja mengumumkan kehadiran fitur baru yang diberi nama GoPlay Live. Fitur anyar ini memungkinkan penonton menyaksikan event online yang digelar secara langsung, seperti konser, webinar, hingga kelas khusus.

CEO GoPlay Edy Sulistyo memang mengatakan GoPlay Live hadir sekaligus untuk membantu para musisi di tengah pandemi saat ini. Seperti diketahui, gelaran offline saat ini banyak dialihkan menjadi online.

"GoPlay Live ingin bisa mengoptimalkan industri hiburan, sehingga kreator bisa menghadirkan konten baru dan belum pernah ada sebelumnya. Karenanya, kami membuatnya interaktif, mulai dari menjalin komunikasi hingga menjual merchandise," tuturnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (23/7/2020).

Tidak hanya itu, Edy pun mengatakan konser online, seperti di GoPlay Livedapat membantu musisi untuk memperluas panggungnya.

Sebab, berbeda dari konser offline yang biasanya dihadiri dari penonton di wilayah tempat digelarnya konser, dengan konser online, penonton bisa berasal dari luar wilayah.

"Secara umum, para seniman itu bisa mendapatkan panggung lebih besar. Dengan konser online ini, para musisi pasarnya bisa ter-expand," tuturnya melanjutkan.

Dia pun sempat mencontohkan beberapa gelaran konser online yang pernah dihadirinya ternyata tetap menyedot banyak penonton.

Edy menyebut, saat menyaksikan konser online yang digelar sister company GoPlay, yakni Loket Live, penontonnya ternyata ada yang berasai dari Amerika Serikat dan Jepang. Lalu ada konser online yang disaksikan lebih dari 5.000, padahal event itu berbayar.

"Ini yang membuat saya sangat excited sekali dengan potensinya. Balik lagi, tidak cuma sekadar di pandemi ini, kami ingin menggunakan GoPlay Live untuk para seniman berkarya," tuturnya melanjutkan.

2 dari 3 halaman

Potensi Konser Online

Oleh sebab itu, dia menuturkan masih melihat potensi besar dari konser online, di masa usai pandemi. Salah satunya yang dapat dilakukan adalah menerapkan konser bergaya hibrid, yakni offline maupun online.

"Nantinya satelah pandemi, jadinya mungkin akan hybrid model, antara offline dan online. Jadi, musisi tidak hanya mendapatkan revenue dari local audience, tapi juga bigger audience yang menyaksikan secara online," ujar Edy.

Kehadiran fitur GoPlay Live pun disambut positif oleh musisi sekaligus gitaris Tohpati. Dia mengatakan dengan platform online semacam ini event musik yang terbatas penikmatnya, bisa dinikmati di wilayah atau daerah lain yang jarang dikunjungi untuk diadakan sebuah event.

"Ini bisa jalur bagi seniman dengan genre tertentu seperti jazz, klasik, atau indie, agar musiknya bisa dinikmati di wilayah lain yang jarang dikunjungi dalam sebuah event," tutur Tohpati.

3 dari 3 halaman

GoPlay Hadirkan Fitur Streaming Konten Interaktif Langsung di Aplikasi

Sebagai informasi, GoPlay baru saja mengumumkan kehadiran fitur baru di platform-nya, yakni GoPlay Live. Sesuai namanya, fitur ini menayangkan secara langsung beragam konten, mulai dari konser hingga webinar. 

Kehadiran fitur ini tidak lepas dari perubahan konsumsi konten yang dulu dapat dinikmati secara offline, tapi dengan kondisi pandemi sekarang hal itu tidak dapat dilakukan. Karenanya, banyak konten semacam itu beralih menjadi online.

"Dengan pergeseran perilaku selama pandemi, menikmati konten online menjadi salah satu aktivitas hiburan yang sangat digemari," tutur CEO GoPlay Edy Sulistyo dalam konferensi pers yang diadakan secara virtual, Kamis (23/7/2020).

"Kehadiran fitur ini diharapkan dapat mengobati kerinduan para penggemar konten yang diadakan secara offline."

Sebagai informasi, beberapa fitur interaktif yang tersedia di GoPlay Live adalah Shoutbox/Question and Answer. Dengan fitur ini, penonton dapat berinteraksi dengan kreator atau melakukan tanya jawab secara langsung sambil menonton.

Lalu ada fitur Running Text yang dapat membantu para kreator menyampaikan informasi pada para penonton. Selain itu, para penonton juga dapat berdiskusi dengan penonton lain, melalui fitur private group chat.

Untuk menambah keasyikan, penonton dapat pula memanfaatkan fitur cast to TV, sehingga konten dapat ditampilkan di layar yang lebih besar. Ada pula fitur live shopping atau belanja merchandise.

"Dengan fitur yang ada, kami ingin menghadirkan pengalaman menonton event online yang berbeda, seperti dapat membeli barang atau merchandise secara langsung. Jadi, kami bisa memberikan pengalaman yang lebih menyeluruh," tutur VP Marketing GoPlay, Sasha Sunu.

(Dam/Isk)

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online