Sukses

3 Alat untuk Akses ke Google Translate

Liputan6.com, Jakarta - Penerjemahan mesin (Machine Translation) merupakan suatu cara otomatis untuk menerjemahkan teks atau ucapan dari satu bahasa ke bahasa lain.

Google merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan ini, yakni Google Translate. Layanan ini dapat mengolah sejumlah data dari berbagai bahasa sumber dan menyediakan terjemahannya ke bahasa target.

Meskipun tidak dimaksudkan untuk sepenuhnya menggantikan peran dari penerjemah manusia, mesin dapat sangat membantu ketika terjemahan instan diperlukan.

Buat kamu yang hendak menggunakan atau menerapkan Google Translate, kamu dapat menempuh salah satu dari tiga cara berikut ini. 

Browser 

Banyak browser populer menawarkan kemampuan terjemahan, seperti Chrome, Microsoft Edge atau Firefox. Untuk menerjemahkan konten web di Chrome, misalnya, yang harus Anda lakukan adalah pergi ke halaman web dalam bahasa lain, lalu klik "Terjemahkan" di bagian atas.

2 dari 3 halaman

Widget

Kalau kamu seorang pengelola situs web, ada baiknya juga untuk kamu mempertimbangkan widget Google Translate untuk situs web yang kamu kelola.

Alat ini memiliki kemampuan untuk menerjemahkan konten halaman web ke lebih dari seratus bahasa berbeda. 

3 dari 3 halaman

Unggah PDF

Google Translate juga mendukung penerjemahan berbagai format dokumen (.doc, .docx, .odf, .pdf, .ppt, .pptx, .ps, .rtf, .txt, .xls, .xlsx). Cukup dengan mengunggah dokumen, kamu bisa mendapatkan versi terjemahan dari dokumen itu di bahasa target.