Sukses

Peran Kantor Virtual Selama Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Guna menekan dan memutus mata rantai penularan virus corona, sejumlah perusahaan menerapkan work from home atau bekerja dari rumah selama pandemi.

Namun, ketika bekerja dari rumah, biasanya karyawan menghadapi berbagai kendala yang cukup berarti, seperti kurangnya fasilitas, koneksi internet yang tak stabil, dan suasana rumah yang kurang kondusif.

Berbagai permasalahan di atas sebenarnya dapat diatasi, salah satunya dengan memanfaatkan kantor virtual (virtual office).

Lince Atmadja, CEO Werkplay selaku jasa penyedia kantor virtual mengatakan bahwa virtual office sudah menjadi kebutuhan di dunia usaha saat ini, terlebih di era new normal.

"Sekarang sedang ramai istilah new normal, konsep bekerja sudah mengarah ke sebuah ekosistem baru yaitu kantor yang tidak terlalu luas, namun fasilitasnya tetap sama dengan kantor konvensional. Bukan hanya itu, konsep kantor virtual juga menjadi kebutuhan di dunia usaha saat ini,” kata Lince melalui keterangannya, Rabu (8/7/2020).

Ia menilai ada beberapa keuntungan menggunakan kantor virtual di masa pandemi. Antara lain bisa menghemat biaya fasilitas dan peralatan kantor. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan sambungan komunikasi dan koneksi internet cepat.

 

2 dari 3 halaman

Tawarkan Solusi untuk Korban PHK

"Dengan adanya pertemuan-pertemuan online, dan ditambah digitalisasi dari berbagai sektor, semua bisa dilakukan baik di rumah maupun tempat yang tidak terlalu besar namun memiliki fasilitas lengkap seperti virtual office,” tuturnya.

Di saat pandemi mungkin banyak korban PHK yang ingin memulai membangun usaha sendiri, namun mereka terkendala masalah perijinan dan tidak memiliki alamat kantor yang representatif.

Sebagai solusi, Werkplay menawarkan jasa perizinan secara online dan alamat kantor di lokasi-lokasi strategis di Jabodetabek.

"Werkplay sudah hadir di beberapa lokasi Jabotabek untuk menjawab kebutuhan para pengusaha muda, UMKM, startup karena sudah terintegrasi dengan sistem perizinan online," imbuh Lince.

 

3 dari 3 halaman

Hemat Biaya

Bagi pengguna yang enggan bekerja di luar rumah, mereka tetap bisa menggunakan jasa kantor virtual dari Werkplay.

Layanan lain yang diberikan Werkplay yakni serviced office, ruang kantor siap pakai yang sudah dilengkapi dengan meja, kursi, dan koneksi internet. Tersedia juga ruang meeting yang bisa di pakai secara bergantian, baik bagi penyewa virtual maupun shared office.

“Werkplay juga membantu pebisnis untuk menghemat biaya gaji karyawan, karena di Werkplay sudah tersedia resepsionis dan office boy yang sudah terlatih,” tutup Lince.

(Isk/Why)