Sukses

3 Tips Kembalikan Foto Terhapus di Smartphone Android

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone Android telah menjadi salah satu perangkat andalan untuk keperluan mengambil foto. Selain memang menjadi perangkat yang selalu dibawa, kemampuan kamera smartphone pun sudah jauh meningkat.

Untuk itu, hampir dapat dipastikan, smartphone sekaligus menjadi perangkat penyimpanan foto penggunanya. Namun kadang kala karena beberapa faktor, foto-foto itu dapat terhapus dari perangkatmu.

Hal semacam ini tentu dapat membuat frustrasi, terlebih jika itu foto yang menyimpan kenangan. Nah untuk itu, Tekno Liputan6.com akan memberikan tips singkat mengembalikan foto yang terhapus di smartphone Android seperti dikutip dari Make Use Of, Kamis (25/6/2020).

1. Mengembalikan Foto yang Terhapus dari Layanan Cloud

Tidak jarang, pengguna smartphone Android saat ini selalu mencadangkan foto miliknya ke sejumlah layanan cloud, mulai dari Dropbox, Google Photos, atau OneDrive.

Meski sudah ada di cloud, terkadang kamu memutuskan menghapus beberapa foto, tapi setelahnya ingin membatalkannya dan mengembalikannya. Beruntung, beberapa layanan cloud sebenarnya menawarkan opsi untuk mengembalikan data tersebut.

Jadi, foto-foto yang dihapus dari sejumlah layanan cloud itu biasanya tidak langsung dihapus, melainkan masuk di kotak sampah (Trash). Kamu bisa mengembalikan foto yang sudah dihapus dengan mengaksesnya dari menu tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Memulihkan Foto yang Terhapus dari Micro SD

Selain penyimpanan di cloud, pengguna smartphone Android biasanya juga memanfaatkan memori eksternal, seperti MicroSD untuk menyimpan foto. Untuk memulihkan foto dari MicroSD, kamu memang perlu menyiapkan beberapa hal.

Salah satunya adalah software pihak ketiga yang biasanya digunakan untuk memulihkan data. Lalu, komputer atau laptop untuk melakukannya.

Apabila keduanya sudah terpenuhi, kamu tinggal melakukan pemulihan data. Namun perlu diingat, apabila fotomu terenksripsi atau sudah diganti dengan data lain, proses pengembalian data sulit dilakukan.

3 dari 3 halaman

3. Foto Tersimpan di Memori Interal Smartphone

Untuk kasus foto yang tersimpan dan terhapus di memori internal smartphone Android, cara untuk memulihkannya sebenarnya sulit dilakukan. Kalaupun mungkin, cara yang dapat dilakukan adalah melakukan root.

Namun dengan melakukan root, seluruh data yang ada perangkatmu berisiko terhapus. Selain itu, kemungkinan foto yang tadinya terhapus ditimpa dengan data lain semakin besar, sehingga membuatnya benar-benar hilang.

Di samping itu, ada kemungkinan data foto yang tersimpan corrupt, sehingga tidak bisa dipulihkan. Karenanya, cara ini tidak disarankan dan lebih baik lakukan antisipasi dengan menyimpan foto di layanan cloud maupun memori eksternal.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.