Sukses

Mirip Moments di Twitter, Facebook Rilis Aplikasi Venue untuk Gelar Acara Live

Liputan6.com, Jakarta - Tim riset dan pengembangan Facebook, New Product Experimentation (NPE), belum lama ini merilis sebuah tool untuk mempermudah pengguna menikmati gelaran live event. Venue meningkatkan pengalaman menonton tayangan live bagi pengguna.

Mengutip laman Engadget, Selasa (2/6/2020), aplikasi ini tidaklah dirancang untuk menayangkan live streaming sebuah event.

Aplikasi ini menyediakan layar kedua yang memberikan pengguna pengalaman berbeda saat menyaksikan event yang digelar live.

Venue akan menjadi sebuah tempat bagi komentator ahli seperti jurnalis, atlet, atau analis. Venue juga bisa dimasuki penggemar ketika sebuah acara tengah berlangsung.

Aplikasi Venue sesungguhnya dirancang agar pengguna bisa membagi perhatian antara tayangan acara dan smartphone mereka. Host atau penyelenggara acara bisa mem-ping para tamu ketika terjadi hal penting atau yang patut dikenang.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara menciptakan dan mengunggah "Moments" pada venue, untuk mendapatkan komentar yang terkait, pertanyaan interaktif, polling, hingga obrolan pendek.

Bisa dibilang, dengan Venue, pengguna seperti mengikuti tayangan live streaming dari live tweet seorang ahli.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Ketiga Facebook yang Dirilis di Tengah Pandemi

"Dengan Venue, fans bisa berhenti men-scrol atau mencari-cari sebuah momen berkesan dari sebuah tayangan atau acara," kata tim NPE, memberikan penjelasan.

Venue sendiri menjadi aplikasi ketiga yang diluncurkan oleh tim NPE Facebook dalam minggu ini. Sebelumnya tim NPE merilis aplikasi kreasi musik video dan aplikasi panggilan suara untuk grup.

Tujuan perilisan aplikasi-aplikasi ini adalah menghubungkan pengguna dengan teman dan orang-orang yang memiliki ketertarikan sama, selama masa tinggal di rumah akibat pandemi Covid-19.

3 dari 3 halaman

Bermitra dengan NASCAR

Dalam perilisan aplikasi Venue, tim NPE bermitra dengan NASCAR. Membuat NASCAR jadi event pertama yang ditayangkan di Venue.

NASCAR menjadi salah satu event olahraga pertama yang akan digelar, meski para penggemarnya tak bisa menyaksikan langsung.

SVP sekaligus Chief Digital Officer NASCAR Tim Clark menyebut, Venue akan menyediakan cara unik dan menarik untuk terhubung dengan fans balapan mobil dari seluruh dunia, meski mereka sedang ada di rumah.

(Tin/Ysl)