Sukses

MediaTek Resmi Umumkan Kehadiran Prosesor 5G Dimensity 820

Dimensity 820 sudah mendukung panel layar dengan refresh rate 120Hz, Image Signal Processor (ISP) lebih baik, dan jaringan 5G.

Liputan6.com, Jakarta - MediaTek, pembuat chipset asal Taiwan tersebut baru saja mengumumkan seri prosesor kelas menengah terbaru mereka, yaitu Dimensity 820.

Jadi seri lanjutan Dimensity 800 yang diluncurkan saat gelaran di CES 2020, prosesor ini diklaim memiliki performa CPU dan GU yang lebih cepat dari seri sebelumnya.

Tak hanya itu, Dimensity 820 juga sudah mendukung panel layar dengan refresh rate 120Hz, Image Signal Processor (ISP) lebih baik, dan jaringan 5G, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Senin (18/5/2020).

Rencananya, prosesor anyar milik MediaTek ini akan mulai disempatkan ke dalam smartphone kelas menengah yang akan diluncurkan ke pasaran pada tahun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wajib Dukung Jaringan 5G

Kantor MediaTek di San Diego dinilai sebagai tantangan terbuka untuk Qualcomm

Informasi, smartphone dengan kemampuan jaringan 5G saat ini semakin umum meluncur di pasaran.

Saat pertama diumumkan, hanya model flagship saja yang sudah mendukung jaringan 5G.

Tetapi dengan prosesor baru MediaTek Dimensity 820 ini, vendor smartphone dapat meluncurkan ponsel pintar 5G dengan harga lebih terjangkau.

 

3 dari 4 halaman

Lebih Gampang di Akses

MediaTek (screenshot via GSM Arena)

"Dimensity 1000 telah memberikan performa 5G menakjubkan pada perangkat flagship di beberapa pasaran. Dengan Dimensity 820, kami ingin membuat 5G jauh lebih mudah diakses," ucap Dr. Yenchi Lee, Assistant General Manager of MediaTek Wireless Communications Business Unit.

Dimensity 820 menonjol dari pesaing lainnya karena menawarkan empat inti ARM Cortex-A76 berkinerja tinggi dengan kecepatan 2,6GHz.

"Dengan kemampuan yang ada, prosesor ini akan memiliki kinerja dan respon yang luar biasa, di antaranya peningkatan dalam hal AI, gaming, dan fotografi," ujar Lee.

 

4 dari 4 halaman

Kemampuan Dimensity 820

Ditemukan celah keamanan di smartphone yang menggunakan chipset besutan MediaTek (sumber; gsmarena.com)

Lebih lanjut, Dimensity 820 sudah mendukung MediaTek APU 3.0 yang mampu menawarkan ragam fitur kamera yang lebih kuat dari seri sebelumnya.

Didukung Imagiq 5.0 dan prosesor ISP, smartphone yang memakai prosesor ini dapat mendukung hingga 4 kamera berkemampuan sensor 80MP.

Prosesor ini juga diklaim sudah mendukung pengambilan video HDR Multiframe 4K dan dioptimalkan untuk gaming.

Sayang, MediaTek belum menentukan kapan Dimensity 820 ini dirilis untuk pasar konsumen. Kemungkinan, prosesor ini akan muncul di ponsel buatan Xiaomi, Oppo, dan Motorola.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.