Sukses

Ini Deretan Fitur Baru di MIUI 12, Tampilan hingga Privasi Lebih Baik

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi mengumumkan kehadiran MIUI 12 dalam sebuah acara di Tiongkok, bertepatan dengan peluncuran smartphone Mi 10 Youth Edition.

10 tahun sejak kehadirannya, produk Xiaomi dipakai oleh lebih dari 310 juta pengguna aktif bulanan. Bagi Xiaomi, software pun dianggap sebagai jiwa dari perangkat mobile.

Nah, sebagai jiwa dari perangkat mobile, apa saja sih deretan fitur terbaru yang dihadirkan Xiaomi pada MIUI 12 ini? Berikut informasinya dikutip dari Gizmochina, Rabu (29/4/2020).

1. Desain MIUI 12

Desain dan animasi adalah bagian inti dari semua UI. MIUI 12 menghadirkan tampilan lengkung bundar di tiap sudutnya, termasuk di bagian ikonnya. Ini serupa dengan yang ada di Android 10.

Animasi pada MIUI 12 juta diperbaiki menjadi lebih halus dan hidup sehingga menawarkan pengalaman lebih menyenangkan. Durasi dari animasi tergantung dari interaksi sentuhan pengguna.

Animasi diaplikasikan pada pusat kontrol, aplikasi baterai, manajer file, aplikasi Notes, Kelender, dan lain-lain.

Ketika pengguna membuka dan menutup aplikasi juga akan mempengaruhi ikon masing-masing aplikasi.

MIUI 12 juga menghadirkan Dark Mode 2.0 seperti yang telah disebut-sebut.

2 dari 4 halaman

Wallpaper dan Privasi di MIUI 12

2. Super Wallpaper

MIUI 12 juga menghadirkan opsi Super Wallpaper. Wallpaper yang dihadirkan adalah gambar planet, misalnya Mars dan Bumi.

Di mana, pengguna bisa mengecek kedua planet ini seperti halnya Google Earth, bahkan pengguna bisa mengatur tampilan yang diinginkan sebagai wallpaper serta tampilan Always on Display.

3. Privasi di MIUI 12

Privasi pada MIUI 12 juga ditingkatkan. Bagi yang belum tahu, Android 10 Developer Previews memiliki fitur untuk memberitahu ketika ada aplikasi mengakses lokasi, mic, atau kamera.

Xiaomi belum memboyong fitur ini ke MIUI 11, namun di MIUI 12, fitur privasi ini sudah ada. Selain itu, sistem juga akan menampilkan riwayat penggunaan smartphone misalnya aktivitas Google serta izin yang diminta oleh aplikasi.

Xiaomi juga membawa fitur mirip milik Apple "Sign-in with Apple" untuk menyediakan data kosong ke aplikasi yang meminta data-data tertentu di MIUI 12.

Sistem di MIUI 12 hanya menyediakan identitas virual ke aplikasi-aplikasi tersebut. Identitas ini juga bisa diubah kapanpun oleh si pengguna. Dengan demikian, pengguna tidak membocorkan privasi mereka dengan berbagi informasi asli ke aplikasi yang tak diinginkan.

3 dari 4 halaman

Kemampuan Multitasking

4. Kemampuan Multitasking

MIUI 12 menghadirkan kemampuan multitasking yang lebih baik dengan bantuan Global Free Windows. Kebanyakan aplikasi masih belum mendukung split screen, terutama gim.

Untuk itu, Xiaomi memungkinkan aplikasi untuk tetap terbuka dalam bentuk picture-in-picture.

5. Asisten Cerdas di MIUI 12

MIUI 12 juga membawa AI Phone Assistant, sebuah alternatif bagi Google Duplex yang tidak tersedia untuk pengguna di Tiongkok.

Asisten virtual ini telah menjawab lebih dari 4 juta panggilan dalam percobaan beta tester dalam 6 bulan terakhir. Kini, fitur ini memiliki opsi telepon, yang sangat berguna bagi pengguna dengan keterbatasan tertentu (difabel).

4 dari 4 halaman

Aplikasi Kesehatan dan Tema di MIUI 12

6. MIUI 12 Health

Xiaomi memperkenalkan sebuah aplikasi kesehatan baru di MIUI 12. Aplikasi ini secara otomatis akan merekam berapa banyak langkah, lari, bersepeda, naik tangga, saat smartphone berada di saku mereka.

Uniknya, Xiaomi menjamin, penggunaan daya untuk keperluan ini hanya 1 persen sehari.

Aplikasi ini juga mampu memonitor kualitas tidur dan merekam dengkuran, ataupun kata-kata yang secara tidak sadar diucapkan oleh pengguna.

Untuk menjamin keamanan, data-data yang dikumpulkan di aplikasi kesehatan ini disimpan lokal dan tidak diunggah ke cloud.

7. Tema di MIUI 12

Sebagai bentuk perayaan 10 tahun Xiaomi, perusahaan juga merilis kembali tema-tema klasik yang sudah ada di generasi sebelumnya, dalam tampilan HD.

Xiaomi juga menambahkan lebih dari 1000 tema untuk layar Always on Display (AOD).

(Tin/Isk)