Sukses

Tren Dalgona Coffee: Melonjak 3.000 Kali Lipat di Google Search, Meroket 5.000 Persen di YouTube

Liputan6.com, Jakarta - Dalgona coffee saat ini tengah menjadi tren. Di media sosial bertebaran entah berapa banyak konten video terkait dalgona cofee.

Mengutip laporan Google, setelah kanal KBS Entertain mengunggah sebuah video ke YouTube pada bulan Januari, para penggemar kanal Korea itu mulai terpicu untuk melakukan pencarian.

"Minat penelusuran terkait dalgona coffee mencapai titik tertinggi. Penelusuran itu mulai melonjak pada 15 Maret," ujar Haeyoun Rah, Communications and Public Affairs Manager untuk region Korea dikutip dari keterangan resmi perusahaan, Kamis (23/4/2020).

Tren pencarian dalgona di Google Search. Kredit: Google

Saat itu, kata Haeyoun, "Pencarian melonjak di seluruh dunia hingga 1.800 persen."

Kemudian volume pencarian kembali mengalami peningkatan hingga 3.000 kali lipat lebih tinggi dari jumlah pencarian pekanan umumnya.

2 dari 3 halaman

Dalgona vs Jenis Kopi Lain

Selain itu, dalam sebulan terakhir penelusuran terkait dalgona coffee juga mengungguli penelusuran terkait jenis kopi lain. Sebut saja kopi latte, cappuccino, dan mocha.

Bahkan, pencarian terkait jenis kopi yang sebelumnya paling banyak dicari di Google Search, yakni espresso, juga kalah banyak oleh pencarian terkait dalgona coffee.

Tren pencarian dalgona dibandingkan dengan jenis kopi lain di Google Search. Kredit: Google

 

Kemudian, pencarian terkait dalgona coffee secara umum memang berasal dari berbagai negara. Namun, Google menemukan ada pengguna internet dari lima negara yang paling berkontribusi terhadap lonjakan volume pencarian ini, yaitu Filipina, Singapura, Mauritius, Brunei, dan Indonesia.

3 dari 3 halaman

Pencarian di YouTube

Selain di Google Search, lonjakan signifikan pencarian konten terkait dalgona coffee juga ditemukan di platform berbagi video YouTube.

"Orang-orang beralih ke YouTube, tempat semuanya (tren dalgona coffee) dimulai, untuk mencari video yang menunjukkan cara membuat versi terbaik (dalgona cofee)," ujar Haeyoun.

Tren pencarian dalgona di YouTube. Kredit: Google

Dia mengungkapkan rata-rata views konten video yang memuat kata "dalgona" di judulnya meningkat lebih dari lima ribu persen secara global antara 15 Maret dan 6 April.  

Bahkan, Google juga mendapati mereka yang mencari konten video dalgona coffee di YouTube tidak terbatas pada mereka yang merupakan pecinta kopi. 

"Orang-orang juga bereksperimen dengan dalgona coffe bebas kafein menggunakan matcha dan Milo," tutur Haeyoun.

(Why/Isk)