Sukses

Harga Melambung Saat Covid-19, Gamer Rakit Sendiri Konsol Nintendo Switch

Liputan6.com, Jakarta - Dengan diberlakukannya aturan social distancing di beberapa negara di dunia, banyak orang memilih mengisi waktu mereka di rumah dengan bermain gim.

Dari sekian konsol gim yang ada di pasaran saat ini, Nintendo Switch menjadi barang paling dicari oleh gamer.

Bisa dimainkan bersama keluarga dan judul gim yang lebih santai (ketimbang PS4 dan Xbox One), wajar bilamana tiba-tiba harga konsol ini melambung di pasaran.

Tak hanya itu, kenaikan harga dan jumlah yang langka diperparah dengan semakin berkurangnya pasokan hardwaer dari Tiongkok karena pandemi virus corona.

Berkaca dari hal tersebut, pengguna Reddit dengan akun Sarvaaz37 memilih untuk merakit sendiri Nintendo Switch dari komponen yang dapat dibeli di pasaran, sebagaimana dikutip dari Gamerant, Jumat (17/4/2020).

Gamer rakit sendiri Nintendo Switch. (Doc: Reddit / Sarvaaz37)

Selain itu, dia juga membagikan panduan tentang bagaimana caranya merakit konsol Switch untuk mereka sendiri dengan biaya yang lebih murah dari harga konsol Nintendo Switch di pasaran saat ini.

 

2 dari 2 halaman

Beli Komponen di Situs Tiongkok

Gamer rakit sendiri Nintendo Switch. (Doc: Reddit / Sarvaaz37)

Lebih lanjut, Sarbaaz37 berhasil mendapatkan semua bagian komponen yang yang dibutuhkan dari situs-situs web Tiongkok.

Dia juga mencari komponen tersebut di situs lelang di internet, menggali suku cadang atau suku cadang pengganti dari produsen atau penjual lainnya.

Seluruh proses mengumpulkan komponen membutuhkan waktu sedikit lebih dari sebulan, dan memakan biaya sekitar USD 200 atau sekitar Rp 3,1 jutaan--setara harga Nintendo Switch Lite.

Walau dia membuktikan, membuat Switch sendiri sangat memungkinkan, proses merakitnya harus sangat teliti dan membutuhkan pengetahuan mendalam tentang elektronik.

Gimana, kamu tertarik untuk merakit sendiri konsol Nintendo Switch?

(Ysl/Isk)