Sukses

Pandemi Covid-19, Belajar di Rumah Makin Seru Pakai AR di Google Search

Fitur augmented reality (AR) di [Google Search](4226992 "") ini juga dapat digunakan untuk membantu anak belajar tentang hewan hingga luar angkasa.

Liputan6.com, Jakarta - Berhubung sebagian besar masyarakat di dunia sedang isolasi diri di rumah karena pandemi Covid-19, fitur di Google Search ini dapat mengusir kebosanan.

Tak hanya sebagai hiburan, fitur augmented reality (AR) di Google Search ini juga dapat digunakan untuk membantu anak belajar tentang hewan hingga luar angkasa.

Sebelum memulai, ada baiknya untuk mengecek apakah smartphone yang digunakan kompatible dengan aplikasi ARCore--rahasia AR dibalik Google Search.

Namun, sebagian besar perangkat flagship (dan beberapa seri kelas menengah) milik Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Huawei yang dirilis dua tahun belakang ini seharusnya kompatible.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instal ARCore dari Google Play Store

Google AR. (Doc: Istimewa)

Berhubung tidak langsung terinstal di perangkat Android, kamu bisa unduh aplikasi ARCore atau Google Play Service for AR dari Play Store.

Lalu bagaimana caranya menikmati konten AR ini? Informasi, tidak semua konten di pencarian Google memiliki konten AR-nya.

Pada umumnya, konten AR dapat diakses bilamana kamu melakukan pencarian beberapa subyek tertentu. Biasanya, akan tampil tombol "View in 3D" setiap kali kamu googling.

Ambil contoh googling singa. Nanti, bila scroll ke atas akan muncul informasi gambar singa dalam bentuk 3D, dan tombol View in 3D. Klik tombol tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Pindai Lantai Sekitar

Google Play Store di Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidaya

Kamu dapat melanjutkan dengan mengklik tombol tersebut, dan diikuti dengan menekan tombol bertuliskan "View in your space".

Kamu bakal diminta untuk menggeser smartphone sehingga Google dapat "mendeteksi" luas ruangan, dan kemudian meletakkan hewan di lantai.

Gimana, sangat seru bukan? Informasi, kamu dapat menguji fitur AR ini dengan membuka aplikasi Google pada perangkat yang mendukung teknologi ARCore.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini