Sukses

XL Axiata Donasikan Rp 10,8 Miliar untuk Bantu Penanganan Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata menyerahkan donasi senilai Rp 10,8 miliar untuk mendukung pemerintah menangani Covid-19.

Donasi tersebut diberikan dalam bentuk dana tunai sebesar Rp 10 miliar dan Rp 800 juta berupa berbagai macam alat perlindungan diri (APD).

Plt Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, sebagian donasi ini berasal dari partisipasi karyawan XL Axiata yang terkumpul lebih dari Rp 818 juta.

Donasi dari XL diterima oleh Kepala BNPB Doni Monardo yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Presiden Direktur sekaligus CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, melihat perkembangan di beberapa hari terakhir, XL Axiata prihatin dan tidak bisa berpangku tangan atas upaya pemerintah dan partisipasi masyarakat luas.

"Kami mengalokasikan Rp 10 miliar kemudian donasi partisipasi karyawan telah terkumpul sekitar Rp 800 jutaan," kata Dian, dalam keterangan resmi XL Axiata yang diterima Liputan6.com, Rabu (8/4/2020).

Nantinya, donasi dari XL Axiata akan disalurkan dalam bentuk dana sebesar Rp 5 miliar ke Dewan Masjid Indonesia, Rp 5 miliar ke PMI, dan donasi dalam bentuk APD akan diserahkan ke sejumlah rumah sakit rujukan utama penanganan Covid-19.

2 dari 3 halaman

Siapkan Dana Mitigasi

Dian mengatakan, sebagai perusahaan yang memiliki lebih dari 1.600 karyawan di seluruh Indonesia, donasi ini juga merupakan bagian dari upaya perusahaan melindungi keluarga besar XL Axiata.

Donasi ini juga bukan yang terakhir kalinya. Manajemen XL Axiata menyiapkan dana khusus jika sewaktu-waktu memang perlu memberi dukungan mitigasi Covid-19.

Sebelumnya, XL juga telah memberi dukungan komunikasi kepada BNPB berupa akses gratis penggunaan telepon, SMS, dan data/ internet. XL juga memberikan APD untuk petugas medis.

3 dari 3 halaman

Perkuat Jaringan di Rumah Sakit Darurat Covid-19

Perusahaan juga akan memperkuat jaringan telekomunikasi dan data serta menghadirkan satu mobile BTS di area Wisma Atlet Kemayoran yang kini menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

XL juga sebelumnya membantu pengiriman SMS blast dari BNPB kepada pelanggan yang berisi informasi seputar penanganan Covid-19 dan materi sosialisasi mengenai virus corona ini.

 XL sendiri menyebut, saat kegiatan kerja dan belajar dari rumah, trafik layanan data mengalami peningkatan sebesar 2,5 persen per hari atau sekitar 15 persen sejak diberlakukannya pembatasan sosial. 

Untuk itu, perusahaan memperkuat jaringan terutama di wilayah residensial, guna mendukung aktivitas pelanggan ketika harus bekerja dan belajar di rumah. 

(Tin/Isk)