Sukses

Bantuan Masker dan Alat Tes Covid-19 dari Jack Ma Tiba di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Bantuan masker dan perlengkapan medis esensial untuk melawan Covid-19 yang dikirimkan oleh pendiri Alibaba Jack Ma akhirnya tiba di Indonesia pada Jumat (27/3/2020).

Sebelumnya, diumumkan bahwa bantuan ini didonasikan melalui Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation. Bantuan tersebut kemarin tiba di Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pengiriman bantuan ini merupakan bagian dari donasi perlengkapan medis oleh Jack Ma kepada empat negara di Asia Tenggara yang diumumkan Kamis pekan lalu. Keempat negara yang dimaksud antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Secara total, keempat negara akan menerima sejumlah perlengkapan medis berupa 2 juta masker, 150.000 alat tes Covid-19, 20.000 baju pelindung, dan 20.000 pelindung wajah.

Rencananya, tahapan donasi berikutnya direncanakan tiba di Indonesia dalam waktu dekat.

"Kami berharap donasi ini dapat membantu upaya Indonesia melindungi para petugas medis yang menjadi garda depan melayani masyarakat dan meningkatkan skala pengetesan yang lebih luas," demikian pernyataan Jack Ma Foundation dalam keterangan yang diterima Sabtu (28/3/2020).

2 dari 3 halaman

Tetap Berdonasi

Jack Ma Foundation juga mengajak pihak lainnya untuk mengatasi Covid-19 secara bersama-sama.

"Tantangan logistik pengiriman tetap ada, namun kami akan menuntaskan dan melakukannya sesegera mungkin," kata pihak Jack Ma Foundation.

Sementara itu, Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Panjaitan yang mewakili pemerintah menerima donasi menyampaikan terima kasih kepada Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation.

"Kami akan senantiasa bahu membahu dengan seluruh komponen masyarakat Indonesia, pihak swasta, juga komunitas global dalam melawan pandemi ini," kata Luhut.

3 dari 3 halaman

Bantuan Didistribusikan BNPB

Ia menyampaikan, pengalaman dari berbagai belahan dunia memperlihatkan bahwa pengujian virus yang akurat dan ketersediaan peralatan perlindungan bagi para tenaga medis yang memadai, merupakan hal yang sangat penting sekaligus efektif dalam mencegah meluasnya penyebaran wabah Covid-19.

Selanjutnya, Luhut menyebut, bantuan akan didistribusikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sekadar informasi, donasi ini adalah bagian dari upaya global yang dilakukan oleh Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation untuk mendukung berbagai wilayah di dunia yang terdampak krisis COVID-19.

Berbagai negara di Asia, Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, dan Afrika telah mendapatkan bantuan perlengkapan medis.

(Tin/Isk)