Sukses

Fitur Dark Mode di Play Store Kini Hadir untuk Semua Perangkat Android

Liputan6.com, Jakarta - Fitur Dark Mode akhirnya menyambangi Google Play Store dan dapat diterapkan di seluruh perangkat Android. Pengumuman ini diketahui dari akun Twitter Google Play Store beberapa waktu lalu.

"Dark Theme di Google Play sekarang sudah tersedia di perangkat Android mana pun," kicau akun @GooglePlay. Dengan kehadiran fitur ini, pengguna Android dapat mengganti tema dari pengaturan yang ada di toko aplikasi tersebut.

Dikutip dari Slash Gear, Jumat (13/3/2020), fitur Dark Mode ini dapat diakses lewat menu Settings di Play Store. Setelah itu, pengguna tinggal membuka menu Theme dan menentukan tema yang ingin dipilih.

Ada tiga pilihan yang disediakan Google, yakni Light, Dark, dan System Default. Sesuai namanya, untuk mode System Default, tampilan Play Store akan secara otomatis menyesuaikan dengan pengaturan di sistem perangkat.

Kehadiran fitur Dark Mode di Play Store ini memang sudah diketahui sejak tahun lalu, bersamaan dengan bergulirnya pembaruan Android 10. 

Lalu, kehadiran Dark Mode kembali terdengar awal Maret 2020, sebelum akhirnya benar-benar rilis. Fitur ini disebut rilis secara bertahap, sehingga ada kemungkinan belum seluruh perangkat Android dapat menjajalnya.

2 dari 3 halaman

Dark Mode Mendarat di Google Translate

Sebelumnya, Google Translate juga sudah mendukung mode tersebut lebih dulu.

Mengutip 9to5Google, Sabtu (8/2/2020) Dark Mode mendarat di aplikasi Google Translate versi 6.5.

Hal itu merujuk pada laporan pengguna di Polandia yang mendapati mode tersebut pada aplikasi terjemahan itu.

Diduga kuat pembaruan ini bersifat server-side, sehingga baru pengguna di lokasi tertentu yang mendapati Dark Mode di aplikasi Google Translate mereka.

Dark mode menjadi salah satu fitur yang banyak digulirkan oleh pengembang belakangan ini. Ketika fitur ini aktif, tampilan antarmuka suatu perangkat lunak akan berubah menjadi gelap.

Salah satu kelebihan dark mode adalah tampilannya ramah bagi mata, terutama ketika pengguna menggunakan suatu perangkat lunak pada malam hari. Fitur ini mampu mengurangi emisi cahaya yang terpancar dari layar.

3 dari 3 halaman

Google Hadirkan Dark Mode untuk Gmail dan Maps

Tahun lalu, Google juga akhirnya menghadirkan dark mode atau modus gelap di dua aplikasinya yang paling sering dipakai, yakni Gmail dan Maps.

Dark mode untuk Gmail dan Google Maps ini bisa dinikmati oleh pengguna iOS maupun Android. Demikian dikutip dari The Next Web, Senin (14/10/2019). 

Sayangnya, tidak semua pengguna bisa menikmati dark mode di Gmail dan Maps ini.

Dalam unggahan Twitter, seorang juru bicara Google mengonfirmasi bahwa perusahaan menggulirkan dark mode untuk Gmail di pembaruan teranyar. Namun, menurut juru bicara tersebut, hanya pengguna dengan Android 10 dan iOS 11 ke atas yang bisa memakainya.

"Saat ini opsi dark mode hanya tersedia untuk Android 10 ke atas dan iOS 11 ke atas," kata juru bicara Google dalam cuitan selanjutnya.

Ia menambahkan, jika versi OS di atas tersedia pada perangkat, pengguna disarankan untuk memperbarui aplikasi demi bisa memakai dark mode.

Gmail pun melalui akun Twitter resminya juga mengumumkan pihaknya telah menggulirkan dark mode di pembaruan teranyar.

Untuk memakainya, pengguna Gmail bisa mengecek apakah smartphone miliknya menggunakan OS Android 10 atau iOS 11 ke atas.

(Dam/Why)