Sukses

Punya Kamera 108MP, Apa Beda Galaxy S20 Ultra dan Mi Note 10 Pro?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja meluncurkan Galaxy S20 Ultra yang memiliki kamera utama beresolusi 108MP. Smartphone ini bukan yang pertama memiliki resolusi kamera sebesar itu, sebab sudah ada Mi Note 10 Pro yang hadir lebih dulu.

Namun perlu diketahui, meski sama-sama mengusung resolusi 108MP, keduanya ternyata mengadopsi sistem yang berbeda. Perlu diketahui, baik Mi Note 10 Pro dan Galaxy S20 Ultra sama-sama menggunakan sensor besutan Samsung.

Menurut Product Manager Samsung Mobile SEIN, Verry Octavianus Wijaya, Galaxy S20 Ultra menggunakan sensor beresolusi 108MP dengan teknologi nonacell. Hal ini memungkinkannya untuk menggabungkan sembilan piksel menjadi satu.

"Jadi, teknologi ini mengkombinasikan sembilan piksel menjadi satu," tuturnya saat berbicara pada awak media di Jakarta, Rabu (12/2/2020). Adapun Mi Note 10 Pro menggunakan teknologi tetracell.

Dengan mengadopsi nonacell, sensor ISOCELL Bright HM1 mampu menangkap gambar beresolusi tinggi lebih cerah dalam beragam kondisi pencahayaan. Lewat situsnya, Samsung mengatakan nonacell merupakan versi tetracell yang ditingkatkan.

Dengan kata lain, sensor yang digunakan di Mi Note 10 Pro dan Galaxy S20 Ultra mengusung teknologi berbeda, meskipun sama-sama memiliki resolusi 108MP. 

Sebagai informasi, Galaxy S20 Ultra merupakan seri paling flagship dari lini Galaxy S20. Perangkat ini memiliki layar Quad HD+ Dynamic AMOLED 2x seluas 6,9 inci, dukungan HDR10+, dan frame rate 120Hz.

Galaxy S20 Ultra akan hadir di Indonesia dengan RAM 12GB dan memori internal 128GB yang bisa diperluas dengan slot microSD hingga 1TB.

2 dari 2 halaman

Fitur yang Ada di Semua Galaxy S20 Series

Galaxy S20 hadir dalam jaringan 5G untuk pengguna di berbagai negara. Sayangnya, di Indonesia jaringan 5G belum diterapkan, jadi Samsung memilih untuk membawa hanya versi 4G untuk Indonesia. 

Meski begitu sebenarnya perangkat ini sudah didukung teknologi LTE Cat20 yang membuat kecepatan download mencapai 2Gbps.

Ketiganya didukung pengisi daya cepat 25 watt. Namun Galaxy S20 Ultra dibekali dengan dukungan pengisian daya cepat hingga 45 watt. 

Galaxy S20 series juga didukung berbagai sensor. Salah satunya adalah sensor fingerprint ultrasonic yang membuat keamanan perangkat lebih terjamin. 

Ketiganya juga didukung dengan penguncian smartphone berbasis pattern atau pola, biometrik, hingga face recognition.

Perangkat ini juga sudah dibekali sertifikat IP68 untuk melindungi perangkat dari air. 

Salah satu fitur kamera terbaru dalam Galaxy S20 adalah mode perekaman single take. Mode ini memungkinkan pengguna mengambil 10 foto dan 4 video dalam satu kali pengambilan gambar.

(Dam/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Galaxy S20 Series yang Dijual di Indonesia Cuma 128GB, Ini Alasan Samsung
Artikel Selanjutnya
Ini Harga Galaxy S20 Series di Indonesia