Sukses

Merusak Komputer, Trojan hingga Worm Menyamar Jadi File Virus Corona

File berbahaya yang Kasperksy temukan berkedok file pdf, mp4, docx tentang virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan keamanan siber Kaspersky telah menemukan file berbahaya yang menyamar sebagai file terkait tentang virus corona. Belakangan ini virus corona memang tengah menjadi berita utama media massa.

File berbahaya yang Kasperksy temukan berkedok file pdf, mp4, docx tentang virus corona. Nama-nama yang digunakan file itu juga mengelabui bahwa mereka memuat instruksi video tentang cara melindungi diri dari virus corona, info terkini seputar ancamannya, bahkan prosedur deteksi virus. Tentu saja, sebenarnya tidak demikian.

Menurut Kaspersky, file-file berjenis Trojan hingga Worm ini dapat merusak, memblokir, memodifikasi atau menyalin data, serta mengganggu pengoperasian komputer atau jaringan komputer.

"Virus corona, yang sedang dibahas secara luas sebagai berita utama, telah digunakan sebagai umpan oleh para pelaku kejahatan siber. Sejauh ini kami hanya melihat sejumlah sepuluh file unik, tetapi karena aktivitas demikian kerap terjadi dengan topik populer di media, maka kami memperkirakan kecenderungan ini akan bertambah," ujar Anton Ivanov, analis malware di Kaspersky, dalam keterangannya.

"Ketika masyarakat masih memiliki kekhawatiran akan kesehatan mereka, kita mungkin melihat semakin banyak malware yang tersembunyi di dalam dokumen palsu tentang penyebaran virus corona," tutur Anton lebih lanjut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nama file berbahaya

Kaspersky mendeteksi file tentang virus corona dengan nama-nama sebagai berikut:

Worm.VBS.Dinihou.r

Worm.Python.Agent.c

UDS:DangerousObject.Multi.Generic

Trojan.WinLNK.Agent.gg

Trojan.WinLNK.Agent.ew

HEUR:Trojan.WinLNK.Agent.gen

HEUR:Trojan.PDF.Badur.b

3 dari 3 halaman

Rekomendasi Kaspersky

Guna menghindari menjadi korban program berbahaya yang menyamar Kaspersky merekomendasikan untuk mengambil langkah-langkah berikut:

  • Selalu menghindari tautan mencurigakan, yang menjanjikan konten eksklusif. Rujuklah ke sumber resmi untuk memperoleh informasi yang sah dan dapat dipercaya.
  • Lihatlah ekstensi file yang diunduh. Dokumen dan file video seharusnya tidak dibuat dalam format .exe atau .lnk.
  • Gunakan solusi keamanan andal, seperti Kaspersky Security Cloud, untuk perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini