Sukses

3 Aplikasi untuk Baca Buku Elektronik di Smartphone Android

Liputan6.com, Jakarta - Sejak beberapa tahun belakangan ini banyak judul buku terbit dalam dua format sekaligus, yakni cetak dan elektronik. Oleh sebab itu, kini buku tidak hanya dapat ditemukan di rak-rak di perpustakaan atau toko buku, tetapi juga di perangkat elektronik.

Bahkan, ada beberapa model tablet yang memang secara khusus dirancang untuk buku elektronik. Namun terlepas dari itu, ada sejumlah aplikasi yang memungkinkan penggunanya membaca buku elektronik di smartphone.

1. Amazon Kindle

Sejatinya ini adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna menikmati layanan serupa di tablet Kindle tanpa mesti memiliki perangkat tersebut. Dengan aplikasi Amazon Kindle, pengguna akan mendapati sejumlah pilihan buku, majalah, dan surat kabar di smartphone miliknya.

Tersedia fitur terakhir dibaca, penanda halaman, sorotan (highlight), serta catatan. Aplikasi ini bisa disinkronikasikan lintas perangkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Moon+ Reader

Moon+ Reader juga menawarkan pengalaman membaca buku elektronik menyenangkan di smartphone. Aplikasi ini menampilkan informasi seberapa banyak halaman yang telah dibaca dari suatu buku, membagi buku per bab (chapter), dan sebagainya. Tersedia versi gratis dan berbayar (pro), yang menawarkan lebih banyak peningkatan.

Katalog buku elektronik di Moon+ Reader terintegrasi antara lain ke Project Guternberg dan Internet Archive, di mana buku-buku bebas royalti bisa diunduh dan dibaca secara legal.

3 dari 3 halaman

3. Cool Reader

Salah satu fitur unggulan Cool Reader adalah fitur text-to-speech gratis. Selain itu, fitur-fitur standar aplikasi pembaca buku elektronik tersedia di Cool Reader. Misalnya, pengguna dapat mengganti latar teks menjadi gelap atau terang, penanda halaman atau bab, dan seterusnya.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.