Sukses

Sony Umumkan Logo PS5 di CES 2020, Absen Penampakan Konsol

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja secara resmi memperkenalkan logo untuk konsol PlayStation 5 (PS5) pada acara Consumer Electronics Show (CES) 2020, di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Kehadiran logo ini sekaligus menegaskan Sony sedang bersiap untuk meluncurkan konsol penerus PS4, yang dijadwalkan pada musim liburan 2020.

Tak hanya logo, Jim Ryan, selaku President dan CEO Sony Interactive Entertainment juga memberikan sedikit informasi--dan mengonfirmasi--sejumlah fitur andalan di PS5.

Pada presentasi yang digelar di CES 2020, Senin (6/1/2020) waktu setempat, Jim menjelaskan, "fitur kunci hardware PS5 memang dirancang khusus, dan akan membedakannya dari konsol lainnya."

Ia menambahkan, PS5 akan hadir dengan kemampuan Ultra-High Speed SSD, 3D Audio, Ultra HD Blu-ray, dan kontroler baru dengan fitur haptics/adaptive.

"Kehadiran PS5 akan menginspirasi developer untuk mengembangkan dan membuat dunia gim lebih luas, dengan gameplay baru yang lebih immersive dari sebelumnya, baik dari grafis dan suara."

"Banyak informasi tentang PS5 yang bakal kita ungkap beberapa bulan ke depan, salah satunya adalah judul gim dan proyeksi PS5 di gaming," tuntas Jim.

 

2 dari 3 halaman

Spesifikasi PS5 Bocor di Internet

Sony daftarkan paten konsol PS5. (Doc: LetsGoDigital)

Beberapa waktu lalu terungkap informasi tentang spesifikasi PS5 via GitHub, di mana seorang karyawan AMD kedapatan menyimpan data pengujian internal PS5.

Dilansir Digital Foundry, Kamis (2/1/2020), bocoran itu valid karena kode nama prosesor tersebut sama persis dengan spesifikasi PlayStation sebelumnya.

Terungkap pula, PS5 akan memiliki kemampuan untuk memainkan gim konsol sebelumnya (kompatible main gim PS4).

Masih berdasarkan analisis oleh Digital Foundry, performa prosesor PS5 ini hanya mencapai angka 9,2 teraflops (tflop).

Kemampuan PS5 ini lebih rendah ketimbang performa prosesor milik Xbox Series X yang mencapai 12 tflops, berdasarkan bocoran dari Windows Central.

 

3 dari 3 halaman

Sasar Gamer Garis Keras

Foto render konsol PS5 yang muncul di internet. (Doc: LetsGoDigital)

Lebih lanjut, banyak yang memprediksi perbedaan performa PS5 dan Xbox Series X berhubungan dengan segmen pasar gamer yang disasar.

Microsoft menargetkan Xbox Series X untuk gamer hardcore yang mencari konsol berperforma tinggi--dan akan memiliki harga mahal.

Sementara itu, konsol PS5 bakal menyasar gamer umum dengan harga konsol yang lebih terjangkau.

Bagaimana dengan kamu, bakal pilih membeli PS5 atau Xbox Series X?

(Ysl/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Usai Mirip Putri Jasmine, Pengantin Jember Pakai Gaun Bertema Game of Thrones di Resepsi Kedua
Artikel Selanjutnya
Asus Ramaikan CES 2020 dengan 4 Laptop Gaming TUF Baru