Sukses

5 Cara Mudah Memperbaiki Aplikasi Gboard di Android Saat Eror

Liputan6.com, Jakarta - Gboard atau Google Keyboard adalah salah satu aplikasi keyboard terbaik yang tersedia di perangkat Android.

Dilengkapi dengan beragam fitur, seperti voice typing hingga pencarian emoji, Gboard memudahkan pengguna untuk mengetik di perangkat mobile mereka.

Walau aplikasi buatan Google ini sering beroperasi dengan mulus, bukan hal yang mustahil sewaktu-waktu Gboard akan menghadapi masalah saat digunakan.

Sebagai persiapan hal tersebut, berikut ini adalah 5 cara mudah yang bisa kamu lakukan bilamana aplikasi Gboard bermasalah.

1. Restart Perangkat Android

Ini mungkin adalah salah satu cara yang paling mudah dan harus dilakukan pertama kali sebelum berlanjut ke tahap berikutnya.

2 dari 4 halaman

2. Clear Cache

Jenis Android (iStockPhoto)

Semua aplikasi di perangkat mobile pasti menyimpan data dalam bentuk cache, yang memungkinkan mereka bekerja lebih cepat saat diakses.

Namun, cache yang sudah lama sering kali menimbulkan masalah sehingga membuat aplikasi tidak berfungsi normal.

Hal tersebut dapat diperbaiki dengan membersihkan cache Gboard ketika mengalami masalah. Untuk melakukan hal tersebut, buka menu Settings dan pilih Apps.

Perlu diingat, langkah ini mungkin akan berbeda tergantung pada smartphone Android dan versi OS yang digunakan.

Lanjutkan dengan men-tap Gboard untuk mengakses App Info dan pilih Storage di bawahnya. Nanti kamu akan menemukan tombol bertuliskan App data dan Cache data. Klik tombol Cache data.

 

3 dari 4 halaman

3. Force Stop

Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay

Jika restart smartphone Android kamu dan menutup/membuka Gboard tidak menyelesaikan masalah, maka kamu perlu mematikan dan menyalakan aplikasi tersebut.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan opsi Force Stop di menu Settings dan tap Apps.

Cari aplikasi Gboard, dan tap untuk melanjutkan proses. Di bagian bawah, kamu akan menemukan tombol Force Stop. Tap Ok untuk mengonfirmasi.

Kamu dapat menyalakan kembali aplikasi dengan menjalankan Gboard.

4. Uninstall App

Jika meng-update aplikasi tidak berhasil, mungkin menghapus dan menginstal ulang Gboard dapat berhasil mengatasi masalah.

Salah satu cara untuk meng-uninstall aplikasi tersebut adalah membuka Google Play Store dan cari Gboard.

Setelah itu, kamu akan menemukan tombol Uninstall di samping Open. Klik tombol Uninstall dan tunggu beberapa saat untuk bisa menginstal ulang Gboard.

 

4 dari 4 halaman

5. Booting Safe Mode

Android 10. Dok: cnet.com

Safe Mode adalah keadaan saat smartphone kamu dinyalakan ke pengaturan paling dasar untuk memastikan tidak ada aplikasi pihak ketiga yang berjalan di perangkat.

Untuk memulainya, tekan dan tahan tombol power sama seperti ketika kamu ingin mematikan ponsel pintar.

Setelah itu, tekan dan tahan tombol power untuk kembali menyalakannya. Sesaat ponsel bergetar dan munculkan logo merek smartphone, lepas tombol power dan tekan tombol untuk menurunkan volume.

Tetap tahan tombol hingga perangkat kamu menyala, dan lepas ketika sudah muncul kata "Safe mode" di bagian kiri bawah layar.

Tergantung dari merek smartphone yang digunakan, kamu harus menekan tombol tertentu untuk mengakses Safe Mode. Kamu bisa cek cara lain sesuai dengan perangkat kamu di internet.

(Michael Alementa/Ysl)