Sukses

Sahabat Setiap Milenial untuk Merekam Setiap Momen dengan Sempurna

Merekam dengan smartphone secara efektif saja tidak cukup, sekarang orang-orang menginginkan setiap momen dapat terekam dengan sempurna.

Liputan6.com, Jakarta Di era digital saat ini, smartphone menjadi alat merekam setiap momen paling efektif. Tinggal buka fitur kamera, semua momen yang ada di depan mata bisa direkam dan diabadikan. Mau durasi pendek beberapa detik, atau bahkan berjam-jam bisa dilakukan sesuai keinginan.

Namun merekam dengan smartphone secara efektif saja tidak cukup, sekarang orang-orang menginginkan setiap momen dapat terekam dengan sempurna. Bahkan terlihat lebih cinematic dan bisa dibanggakan. Hal ini tidak lepas dari efek kenarsisan dan tren vlogging generasi sekarang yang merekam momen agar dapat diceritakan kepada orang lain, yang sekaligus menjadi peluang bisnis.

Sebelum memaparkan smartphone yang bisa mendukung kamu merekam momen lebih sempurna, ada beberapa hal mendasar yang harus kamu perhatikan untuk mengoptimalkan penggunaan kamera sebagai sarana merekam video.

Posisi horisontal untuk lebih cinematic

Merekam video melalui smartphone dapat dilakukan dengan horisontal dan vertikal. Posisi vertikal atau portrait umumnya digunakan untuk instastory dan cenderung video pendek. Untuk mendapatkan hasil yang cinematic, kamu sebaiknya memposisikan smartphone secara horisontal. Sehingga video lebih nyaman di tonton baik di layar smartphone, komputer maupun mirroring ke layar televisi. Pilih rasio 9:16 atau layar full, jangan rasio 1:1 atau 3:4, karena rekaman akan terlihat kotak.

Gunakan dua tangan

Kamu pasti kesal dan tidak nyaman jika melihat video terlalu banyak guncangan bukan? Jika ingin membuat video blog yang baik dan minim guncangan, apalagi posisi horisontal maka kamu perlu memegang smartphone dengan dua tangan. Atur pergerakan tangan kamu, jangan terlalu cepat. Apalagi kalau menggunakan fitur zoom, ketenangan kedua tangan kamu memegangkendalipenuhagar video tidak terlihat seperti gempa bumi.

Pencahayaan

Ada dua hal yang perlu kamu perhatikan dari pencahayaan ini. Pertama, tingkat brightness (kecerahan) dari layar ponsel. Pastikan pada posisi yang pas, kamu bisa centang pada bagian Adaptive brightness sehingga kecerahan bisa dikondisikan dengan pencahayaan yang serupa.

Kedua, pencahaan pada objek yang ingin ditangkap. Hati-hati apabila pencahayaan objek tersebut terlalu terang atau gelap. Kamu bisa atur pencahayaan dari kamera. Cara paling mudah adalah dengan menekan layar ponsel, kamu bisa menaikkan atau turunkan brightness sekaligus mengecek autofocus-nya. Meskipun standart-nya kamera sudah tersetting autofocus, ada kalanya kamu perlu cek kembali fokusnya untuk dapatkan hasil yang lebih baik.

Video yang bagus tidak hanya mengambil gambar yang stabil dan halus, tapi juga memiliki suara yang jernih, fitur zoom serta deep bokeh video yang menarik dan bisa bisa memudahkan videografer mengambil gambar. Umumnya smartphone yang ada di pasaran tidak memiliki fitur-fitur komplit yang diperlukan seorang videografer untuk merekam momen yang sempurna. Ada saja fitur yang kurang.

Untuk mendukung setiap orang merekam video dengan sempurna seperti seorang videografer, OPPO menghadirkan OPPO Reno2 yang memiliki fitur-fitur videografi lengkap.

Fitur unggulan OPPO Reno2 untuk videografi terletak pada konfigurasi dan modus Quad Camera OPPO Reno2 yakni 48MP main camera, 13MP telefoto, 8MP ultra-wide plus macro dan 2MP monoportrait camera.

Fitur Video Zoom OPPO Reno2 beresolusi 13MP bisa melakukan 5x Hybrid Zoom pada perekaman video. Sehingga bisa mendukung kegiatan extreme sport dan menangkap pemandangan epik yang cukup jauh yang sulit untuk dijangkau. Untuk bisa mendapatkan sudut rekaman yang lebih luas, kamu bisa mengandalkan OPPO Reno2 yang dilengkapi fitur Ultra Wide Angle Video. Sudut pandang rekaman video menjadi lebih luas hingga 116° pada resolusi 8MP.

Fitur selanjutnya adalah Ultra Steady Video, memungkinan pengguna OPPO Reno2 merekam video dengan sangat stabil hanya dengan menekan satu tombol. Hasil perekaman stabil dapat dilakukan karena pada Quad Camera sudah tersemat gyroscope, OIS (Optical Image Stabilization)dan EIS (Electronic Image Stabilization)serta dukungan sensor IMU untuk memaksimalkan stabilitas perekaman video dengan baik. Ditambah lagi, OPPO Reno2 juga telah mendukung perekaman video 1080p pada 60fps (frame rate per second).

Mengatasi masalah minim cahaya, OPPO Reno2 dipersenjatai dengan Ultra Dark Mode yang memungkinkan pengguna untuk mengambil potret dalam gelap sangat minim cahaya dengan hasil yang jauh lebih jernih dan terang.

Fitur berikutnya yang dimiliki OPPO Reno2 adalah Deep Bokeh Video. Fitur ini memungkinkan perekaman video terfokus pada objek utama saja. Fitur ini disematkan pada kamera utama dan kamera depan, tingkat keburaman antara latar belakang dan objek utama pun dapat diatur sesuai keinginan secara live.

Tidak hanya fitur kamera yang oke, OPPO Reno2 juga dilengkapi dengan Sound Focus untuk mendukung hasil suara video yang lebih jelas dan jernih saat gambar rekaman diperbesar (zoom in).

OPPO Reno2 semakin mendukung para penggunanya mengabadikan setiap momen lebih sempurna layaknya seorang videografer karena dilengkapi software dan hardware mumpuni. Diantaranya kapasitas RAM 8GB dan ROM 256GB serta baterai besar 4000mAh lengkap dengan VOOC 3.0. Fitur-fitur unggulan lainnya dari OPPO Reno2 dapat kamu ketahui di sini.

Dapatkan hasil rekaman stabil tanpa guncangan dengan Ultra Steady Video pada #OPPOReno2!Ikuti akun resmi @OPPOIndonesia untuk info terbaru serta kejutan menarik untuk memiliki #OPPOReno2Series!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.