Sukses

Percakapan Ahok Jadi Direktur BUMN: Ramai Soal Pertamina hingga Kasus Hukum

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari belakangan ini wacana Ahok jadi direktur BUMN ramai diperbincangkan. Pria bernama asli Basuki Tjahaja Purnama itu diketahui telah mendatangi kantor kementerian BUMN pada Rabu (13/11/2019).

Kali ini Tekno Liputan6.com menelaah wacana Ahok jadi direktur BUMN dengan merujuk pada percakapan warganet di Twitter.

Grafik di bawah menampilkan lima puluh kata dengan frekuensi tertinggi, yang bersumber pada sampel sebelas ribu twit tentang wacana Ahok menjadi direktur BUMN. Kata-kata dengan frekuensi tertinggi itu antara lain ahokyangbumnjadi, di, dan seterusnya.

 

Daftar kata dengan frekuensi tertinggi tentang wacana Ahok jadi direktur BUMN. Dibuat di ChartGo.com

Dari grafik di atas, kata-kata yang paling menonjol menurut Tekno Liputan6.com adalah jokowipertamina, dan kasus.

Kata jokowi antara lain berkolokasi dengan rekomendasi dan membenarkan. Kolokasi yang terbentuk antara jokowi dengan (mem-)benarkan dan rekomendasi memuat narasi seragam tentang Presiden Jokowi yang mengonfirmasi wacana ini.

jokowi membenarkan ahok bakal dapat jabatan di bumn

jokowi benarkan ahok bakal jadi bos bumn: kita tahu kinerjanya, erick thohir: kita butuh pendobrak

penempatan ahok di bumn masih proses seleksi jokowi membenarkan

presiden jokowi membenarkan kemungkinan ahok akan memimpin salah satu bumn.

erick thohir tunjuk ahok jadi bos bumn, hasil rekomendasi jokowi

rekomendasi jokowi di balik rencana ahok jadi bos pertamina

2 dari 3 halaman

Kolokat Pertamina

Selanjutnya kata pertamina antara lain berkolokasi dengan kata komisaris, dirut, komut, petinggi, dan direktur. Narasi kolokasi yang terbentuk antara pertamina dan kata-kata tersebut seputar posisi potensial yang akan Ahok tempati. 

ahok bakal diangkat dirut/komisaris bumn awal desember. bakal tambah rame jg gerombolan 2 desember.

ahok jika ditunjuk sebagai dirut di bumn banyak yang panas dingin & kebakaran jenggot. perlu diketahui bahwa tutur kata sopan & santun tidak jaminan jujur, banyak juga yang tutur katanya santun & sopan yang masuk penjara. tutur kata kasar, banyak juga yang tulus, jujur & baik.

ayoo alumnus 212 nanti kalo ahok jadi dirut pln, ingat boikot pln jangan mau pakai listrik. kalo jadi direktur pertamina boikot, jangan mau pakai bbm. karena dipimpin kapir penista.. traktirrrrr..

kejauhan urusan mafia migas. kalo ahok jadi petinggi pertamina buka misteri hpp premium serta bikin kilang pengolahan di indonesia.

jgn ketakutan dulu boss, tenang nanti pertamina akan dibersihin sama ahok

mafia migas ketakutan ahok jadi dirut pertamina sdh mulai order kadrun 212 utk demo dgn alasan ahok pernah di pidana,mati kutu loe

 
3 dari 3 halaman

Kolokat Kasus

Terakhir, kata kasus membentuk kolokasi dengan sumber waras, penistaan, dan reklamasi. Narasi yang ditemukan pada percakapan yang memuat kolokasi itu membahas tentang beberapa kasus di masa lalu yang pernah Ahok hadapi, seperti pembelian lahan sumber waras, penistaan agama, dan reklamasi.

Twit-twit tersebut cenderung menampilkan sentimen negatif yang berasal dari akun-akun yang kontra terhadap wacana ini. Berikut ini sampel twit yang memuat narasi tersebut.

bersih nya ahok dmn nya,ngomong kasar dan kotor,di bpk mslh rs sumber waras blm beres, kalau china ya memang benar

kadrun lagi kait2 kan ahok dengan sumber waras.. padahal kpk aja sdh clear, ahok tidak bermasalah... ya beradalah malah integritas auditor bpknya. buktinya auditor bpk nya yang jadi tersangka kpk. #ahok

3.2 miliar per bln mah kecil bagi ahok si engkoh penista agama plus koruptor yang terlindungi ini . tuh duit reklamasi ,duit mark up rs sumber waras,duit beli lahan pemprov di cengkareng.taman bmw dll....ada brp triliun sendiri??

ahok adalah koruptor pembelian lahan pemerintah dki jakarta di cengkareng, pengadaan ups, taman bmw, korupsi rssw, pembelian busway trans jakarta karatan dari china, korupsi reklamasi pulau dll

kalo ahok jadi bos pertamina, ntar kalo orang mw apply jadi karyawan baru pertamina jangan diminta bikin skck ya, kan bosnya aja manta narapidana kasus penistaan agama... wkwkwkwkwk

Namun ada juga sejumlah twit yang memuat narasi itu tetapi dengan sentimen positif yang menawarkan counter argument seperti berikut ini.

wah gila nih kelompok udah mainnya personal. ahok udah jalanin hukuman penistaan, terus apalagi yang dimasalahin? lagian sopanan ahok kemana2 daripada rijik

ane bukannya mau dukung ahok yang ex napi penistaan agama itu. tp dy blm pernah terindikasi korupsi dan berkat e-budgeting nya membuat dana kontroversial aibon dsb dr kua-ppas terkuak berhasil membuat kocar-kacir sobat kadrun. ane rasa sah" saja dy diberi kesempatan gebrak bumn

idealnya kalau @basuki_btp ada kasus korupsi sudaj pasti sejak lama @kpk_ri menangkap ahok apalagi penyidik kpk sodaraan ama rivalnya ahok dulu. jadi @gerindra jgn mengada2. yang ada jg kasus reklamasi anggota kalian yang kena ciduk kpk. bahkan napi koruptor jg kalian piara

hahahahahaha ayo jgn cuma fitnah buktikan,dimana busuknya ahok yang ada pak ahok yang ciptakan e budgeting agar transparan rs sumber waras yang salah audit itu bpk nya makanya icw pernah jelaskan gk ada kesalahan di pak ahok kpk pun sama reklamasi kan uda ada yang kena kpk anggota dprd

belum aja masuk dah didemo, anda ini gak suka penistaan ato ngak suka ahok??

akan kelihatan siapa kampret yang benci ahok personal dengan akal sehat yang benci perbuatan penistaan agamanya ahok

NB:

Sebelas ribu twit yang digunakan sebagai data di artikel ini dapat ditemukan di sini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ahok Uji Kelezatan Ayam Goreng di Kampung Jokowi
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Taruna Ikrar Sebut Ahok dan Pendukungnya Alami Masalah Otak