Sukses

Tagar Hidup Mahasiswa Jadi Sorotan Warganet Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan mahasiswa dari berbagai universitas sejak kemarin (23/9/2019) hingga hari ini, Selasa (24/9/2019) menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR/DPD.

Para mahasiswa ini antara lain ingin menyuarakan penolakan tentang Revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK) dan Revisi Undang-Undang KUHP (RKUHP).

Tak hanya ramai di dunia nyata, demonstrasi mahasiswa dari berbagai universitas ini juga diramaikan warganet di lini masa Twitter.

Setelah memuncaki trending topic di Indonesia, #HidupMahasiswa pun menembus trending topic dunia. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (24/9/2019), #HidupMahasiswa sudah ditwit hampir dua ratus ribu kali.

Berikut beberapa kicauan terkait unjuk rasa mahasiswa tersebut:

2 dari 2 halaman

Tagar Hidup Mahasiswa Bergelora di Twitter

Para mahasiswa dari berbagai universitas menggelar demonstrasi sejak kemarin, Senin (23/9/2019), hingga hari ini di depan Gedung DPR, dan DPRD di berbagai kota di Indonesia.

Mereka menyuarakan penolakan terhadap Revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberatasan Tindak Pidana Korupsi (KPK), dan Revisi Undang-Undang KUHP (RUU KUHP).

Aksi unjuk rasa tersebut menyita banyak perhatian, termasuk di ranah internet. Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Selasa (24/9/201), saat berita ini ditulis, #HidupMahasiswa menduduki posisi puncak Indonesia trends pada hari ini di Twitter.

Selain itu, tagar tersebut juga berada di peringkat 8 topik terpopuler di dunia alias worldwide trends Twitter.

Berbagai foto tentang demontrasi di berbagai kota, termasuk di depan DPR menghiasi lini masa Twitter. Para pengguna Twitter juga menyuarakan dukungan mereka kepada para mahasiswa dengan kalimat "Semangat adek2."

Demo mahasiswa di beberapa kota di Indonesia menjadi trending topic di Twitter. (Doc: Twitter)

Berikut beberapa kicauan terkait unjuk rasa mahasiswa tersebut:

"Merinding liat tweet-tweet di tagar #HidupMahasiswa dan melihat orang-orang yg turun aksi. For those who join the protest, please stay safe! We're all in the same boat. #HIDUPRAKYATINDONESIA#RakyatDukungAksiMahasiswa," tulis pengguna dengan akun @tikaadhani.

"Kawan-kawan mahasiswa yang sejak kemarin menyuarakan aspirasi masyarakat, selamat berjuang!#HidupMahasiswa #HidupRakyatIndonesia#MosiTidakPercaya," kicau @fujivineyard.

"Buat adek2 mahasiswa semangat demonya hari ini. Jangan lupa yang membahas RUU KPK itu pemerintah dan DPR. jadi jangan cuma DPR yang jadi sasaran tembak," demikian twit dari @eryghifar.

"Ada harapan besar yang merepresentasikan suara rakyat. Semangat adek2 ku, tolak segala bentuk politisasi dan aji mumpung partai X," tulis @abifazari.

(Ysl/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Nasib Brigadir AM Penembak Mahasiswa Kendari Saat Demo Tunggu Sidang
Artikel Selanjutnya
Analisis Percakapan Iuran BPJS Kesehatan: Dirut dan Komisi IX Jadi Sorotan