Sukses

Duh, Akun Netflix Diretas dan Diperjualbelikan di Toko Online

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Netflix perlu waspada terhadap kejahatan yang mungkin mengintai mereka.

Pasalnya baru-baru ini ditemukan kasus jual beli akun Netflix yang sudah dimiliki oleh pengguna.

Mengutip laman World of Buzz, Kamis (1/8/2019), kasus ini pertama kali dilaporkan oleh seorang warganet bernama Aira Nurariza di Malaysia lewat Twitter.

Dia berkeluh kesah tentang adanya penjual-penjual online yang menawarkan akun Netflix dengan harga RM 10 atau setara Rp 34 ribuan.

Harga yang menggiurkan untuk bisa berlangganan layanan Netflix, pasalnya di Indonesia, biaya langganan Netflix paling murah adalah Rp 109 ribu untuk satu perangkat.

Aida Nurariza pun mengajak agar warganet tidak membeli akun Netflix yang diperjualbelikan di toko online itu. Pasalnya, akun-akun tersebut sebenarnya adalah milik pengguna lain yang diretas.

Akun yang diretas itu kemudian dijual kembali agar si peretas mendapatkan keuntungan.

Sekadar informasi, di Malaysia, layanan Netflix ditawarkan dengan harga RM 33 atau setara Rp 112 ribuan hingga RM 51 atau sekitar Rp 173 ribu per bulannya. Jika pengguna memutuskan untuk berbagi akun Netflix dengan 4 orang, biaya langganannya pun lebih murah.

2 dari 3 halaman

Akun Dipakai Pengguna Lain

Kembali ke warganet bernama Aida Nurariza di Malaysia, dalam cuitannya dia menyebut, para penjahat ini harusnya berempati kepada pengguna yang sudah membayar biaya langganan namun harus jadi korban.

Aida Nurariza rupanya ikut jadi korban yang akun Netflixnya diretas kemudian diperjualbelikan di toko online dengan harga murah.

Ketika dirinya mengecek, akun Netflixnya telah digunakan di beberapa perangkat yang berlokasi di Sarawak dan Johor. Padahal, Aida Nurariza tinggal di Kuala Lumpur.

Cuitan itu ditanggapi oleh warganet lainnya yang jadi korban peretasan. Ia mengunggah sebuah screenshot akun Netflix-nya yang ternyata dipasang di perangkat tak dikenal.

3 dari 3 halaman

Jadi Viral

Gara-gara cuitan viral tersebut, pengguna Netflix di Malaysia buru-buru mengecek akun mereka karena khawatir dipakai oleh orang tak dikenal.

Untuk mengecek apakah akun kamu jadi korban, kamu bisa masuk ke akun Netflix kamu kemudian masuk ke halaman Account > menu > recent device streaming.

Nah, jika kamu menemukan ada perangkat tak dikenal ikut memakai akun kamu, Netflix menyarankan untuk mengganti password kemudian keluar dari seluruh perangkat yang terhubung.

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Atypical, Perjuangan Sam Penyandang Spektrum Autisme Mencari Cinta
Artikel Selanjutnya
Viral di Media Sosial, MUI Bantah Soal Fatwa Haram Netflix