Sukses

OS Hongmeng Tak Dirancang untuk Smartphone dan Bukan Pengganti Android

Liputan6.com, Jakarta - Huawei akhirnya mengkonfirmasi bahwa sistem operasi Hongmeng miliknya bukanlah pengganti Android di smartphone.

Sekadar informasi, selama beberapa bulan terakhir, Huawei dilaporkan tengah mempersiapkan sebuah sistem operasi baru yang akan menggantikan Android.

Berita ini muncul setelah Google menghentikan kerja sama dengan Huawei terkait dengan pemanfaatan sistem operasi Android untuk perangkat Huawei.

Mengutip laman Forbes, Senin (22/7/2019), CEO Huawei Ren Zhengfei menyebut, sistem operasi Hongmeng tidaklah dirancang untuk smartphone.

"Hongmeng tidak dirancang untuk smartphone, seperti yang orang pikirkan," kata Ren.

Bahkan, menurut Ren, Huawei berencana untuk terus menggunakan Android.

"Kami tidak mengembangkan sistem operasi untuk menggantikan Google, jika Google menarik sistem operasinya (untuk Huawei), kami perlu mulai membangun ekosistem baru, namun kami belum memiliki rencana jelas," kata Ren.

Konfirmasi dari Ren ini diberikan setelah Chairman Liang Hua memberikan komentar, "Huawei belum memutuskan apakah OS Hongmeng dapat dikembangkan sistem operasi smartphone di masa depan."

Liang menyebut, sistem operasi tersebut dirancang sebagai solusi latensi rendah untuk perangkat IoT, sementara, Senior Vice President Huawei Catherine Chen menyebut, Hongmeng dirancang untuk penggunaan industri.

2 dari 4 halaman

Beda Pernyataan

Konfirmasi terbaru yang menyebut bahwa Hongmeng bukanlah pengganti Android ini berbeda dari informasi sebelumnya.

Huawei saat itu seolah menegaskan bahwa mereka tengah mempersiapkan sebuah sistem operasi pengganti Android.

"Huawei dalam proses meluncurkan pengganti," kata VP Communication Andrew Williamson pada Reuters, Juni lalu.

Kala itu, Williamson menyebut, Hongmeng akan siap dalam beberapa bulan mendatang, sehingga saat AS memasukkan Huawei ke daftar hitam, dan Google memutuskan kerja sama dengan Huawei, perusahaan sudah memiliki OS baru untuk smartphone mereka.

"Itu bukan sesuatu yang diinginkan Huawei, kami sangat senang menjadi bagian dari keluarga Android, tetapi Hongmeng tengah diuji, sebagian besar di Tiongkok," kata William.

Sementara, CEO Consumer Division Huawei Richard Yu mengatakan, awal tahun ini Huawei akan siap menggunakan pengganti Android.

3 dari 4 halaman

Lebih Cepat dari Android

Sebelumnya, media Tiongkok menuliskan, OS Hongmeng bakal lebih cepat performanya daripada Android. Hal ini diungkap Founder dan CEO Huawei Ren Zhengfei. Dikutip dari GSM Arena, Minggu (7/7/2019), Ren baru-baru ini ternyata mengungkap performa Hongmeng OS dalam wawancara dengan majalah Prancis.

Menurutnya, Hongmeng OS akan memiliki kemampuan yang lebih cepat ketimbang Android. Tidak hanya itu, sistem operasi ini tidak sekadar digunakan untuk smartphone, melainkan perangkat lain, seperti router, komputer, tablet, bahkan data center.

Ren juga mengklaim Hongmeng OS memiliki kemampuan yang lebih cepat dari MacOS besutan Apple. Dia mengatakan hal itu dimungkinkan sebab sistem operasi ini mampu melakukan pemrosesan kurang dari 5ms.

Ren juga mengatakan bahwa pihaknya tidak akan berhenti mengembangkan Hongmeng, meskipun saat ini pemerintah Amerika Serikat dilaporkan mulai melunak terhadap aturan yang membatasi bisnis Huawei di negara tersebut.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Smartphone Baru Huawei Punya Layar 5,7 Inci dan Kamera 13MP
Artikel Selanjutnya
Muncul di Tenaa, Huawei Mate X Akan Segera Meluncur?