Sukses

Triplogic Gandeng SBM ITB Kembangkan Pelaku UMKM

Liputan6.com, Jakarta - Startup digital logistik on demand, Triplogic bekerja sama dengan Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) membangun Program Pengembangan Bisnis Usaha Kecil Menengah.

Keduanya berkolaborasi untuk menjadikan SBM ITB sebagai kiblat UKM dan startup digital di Indonesia. Program pengembangan ini diresmikan Wakil Dekan Sumberdaya SBM ITB, Dr. Aurik Gustomo S.T., M.T. dan CEO Triplogic Oki Earlivan Sampurno.

Nantinya, kerja sama ini akan mencakup bidang pelatihan dan pembinaan. Tidak hanya itu, ada pula akses permodalan, inkubasi bisnis, hingga kolaborasi antar-UKM.

Menurut Oki, tantangan UKM dan startup digital saat ini adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesempatan berkolaborasi. Terlebih, di era 4.0 saat ini bukan hanya persaingan teknologi, tapi juga kualitas SDM.

"Era industri 4.0 bukan hanya persaingan teknologi, kualitas SDM menjadi faktor kunci dalam kompetisi digital. Selain itu, kesempatan kolaborasi antarwirausaha(wan) menjadi faktor yang dapat membuat sebuah usaha tetap berkesinambungan," tutur Oki dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (20/7/2019).

Triplogic sendiri akan berfokus pada seleksi UKM dan startup digital, termasuk business matching dan akses permodalan untuk meningkatkan kapabilitas usaha. Program kolaborasi ini terbuka untuk pelaku UKM, startup digital dan sivitas akademika ITB.

"Kami akan menjadikan UKM dan startup terpilih sebagai bagian dari ekosistem Triplogic, sehingga semua akan tumbuh bersama dan saling menguntungkan," tutur Oki lebih lanjut.

Wakil Dekan Sumberdaya SBM ITB, Aurik, pun menyambut baik kerja sama strategi ini. Aurik menuturkan bahwa kerja sama ini sejalan dengan visi ITB.

"Triplogic memiliki visi yang sejalan dengan ITB yaitu memajukan anak bangsa serta menjadikan ITB sebagai kampus yang mengembangkan inovasi digital dan kewirausahaan," tutur Aurik.

SBM ITB sendiri akan berperan dalam memberikan fasilitas, sarana dan prasarana, yang mencakup pelatihan kewirausahaan pada para UKM dan startup digital yang terpilih mendapatkan kesempatan pembinaan.

2 dari 3 halaman

Idealogy Bootcamp 2019 SBM ITB

Tidak hanya itu, SBM ITB saat ini telah melakukan kegiatan kemahasiswaan yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan melalui Idealogy Bootcamp 2019.

Menurut Ketua Panitia Idealogy Bootcamp 2019 sekaligus Direktur Kemahasiswaan SBM ITB, Sonny Rustiadi PhD, workshop ini kedua kalinya diadakan oleh SBM ITB. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan semangat kolaborasi antarfakultas. Ada lebih dari 150 peserta yang terdaftar dari mahasiswa berbagai fakultas dan sekolah di ITB.

Acara ini akan mengundang sejumlah pembicara, seperti CEO Triplogic, CEO Warung Pintar dan CEO E-Fishery.

"Sejumlah alumni SBM ITB akan memberikan wawasan pada mahasiswa cara teknologi berperan penting dalam membangun sebuah bisnis yang unggul dalam industri," tutur Sonny.

(Dam/Why)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
GadjianKu, Aplikasi Pengelolaan HR untuk Karyawan Milenial
Artikel Selanjutnya
Replika Garuda Pancasila Besutan Extramarks Catatkan Rekor Dunia Baru