Sukses

Puluhan Gim Lokal hingga Esports Bakal Meriahkan BEKRAF Game Prime 2019

Mulai dari puluhan judul gim hingga kompetisi esports bakal meriahkan ajang BEKRAF Game Prime 2019 yang digelar pada bulan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) berkolaborasi dengan GGWP.ID dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk menyelenggarakan event industri gim terbesar di Indonesia, BEKRAF Game Prime.

Memasuki tahun keempat penyelenggaraannya, BEKRAF Game Prime bakal digelar pada 13 dan 14 Juli 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Tahun ini, perhelatan akbar industri gim Tanah Air tersebut mengusung konsep eksibisi yang siap menghibur puluhan ribu gamer dari seluruh Indonesia.

“Aplikasi dan Gaming merupakan salah satu sub sektor di BEKRAF. Penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai angka 56% sehingga market gim juga semakin besar,” tulis Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur BEKRAF, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Minggu (7/7/2019).

“Bicara soal industri, gim sudah menghadirkan karir baru, contohnya dengan adanya esports, atlet, dan profesi lain seperti shoutcaster, dan profesi lain serta industri lain di belakang itu. Bahkan kini gim bukan hanya sebagai entertainment” tambahnya.

Sebagai salah satu bagian di industri Game Indonesia, Narenda Wicaksono, presiden AGI, juga turut hadir serta berbicara mengenai perkembangan developer gim di Indonesia serta manfaat dari BEKRAF Game Prime 2019 ini.

“Banyak karya lokal yang mendunia berasal dari Tanah Air. Ada gim karya developer Indonesia mencapai 100 juta download, dan ada juga yang terkenal. Semisal Dreadout yang mencapai 50 juta pengguna aktif serta dibuat menjadi film,” kata Narenda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beda BEKRAF Game Prime dengan Event Sejenis Lainnya

Jumpa pers BEKRAF Game Prime 2019. (Doc: Insidea)

Sebagai gelaran besar para pelaku industri gim di Indonesia, apa yang membuat BEKRAF Game Prime berbeda dari event sejenis lainnya?

“Yang membedakan BEKRAF Game Prime dengan event sejenis lainnya adalah dimana developer yang menjadi spotlight merupakan game developer dan studio gim Indonesia," ucap Ricky Setiawan CEO GGWP.ID.

“2018 saja, BEKRAF Game Prime dihadiri oleh 16 ribu pengunjung. 2019, Tahun ini, dari pendaftar online, sudah mencapai angka 19 ribu pertanggal 5 Juli 2019, dan mungkin kemungkinan akan bertambah hingga hari penyelenggaraan," papar Ricky.

 

3 dari 3 halaman

Bermain Gim Gratis

Ilustrasi/copyright pixabay.com

Karena mengusung konsep eksibisi, penggunjung BEKRAF Game Prime 2019 berkesempatan main gim dan menikmati berbagai macam konten hiburan di ratusan booth yang tersedia selama dua hari penuh.

Pengunjung juga dapat lebih mengenal, belajar, dan memainkan puluhan judul gim lokal yang ada di BEKRAF Game Prime 2019.

Tak hanya itu, pengunjung bisa menemukan arcade center versi mini yang akan menjadi “mesin waktu” kembali ke masa kecil. Ada banyak mesin arcade retro yang bisa kamu temukan dan kamu juga bisa bertemu bersama komunitas kolektornya.

Bagi para artist, entah itu komikus, ilustrator ataupun artist gim , BEKRAF Game Prime 2019 menghadirkan satu area khusus yang menghadirkan banyak artist bertalenta di Indonesia.

Uji Skill di Kompetisi eSports

Selama dua hari kamu bisa menemukan kompetisi esports Mobile Legends dan Clash of Titans, dimana akan menampilkan delapan tim Mobile Legends top Indonesia.

Adapun tim pro yang akan bertanding adalah RRQ, LOUVRE, GGWP.ID, Saints Indo, The Prime, Island of God, Genflix Aerowolf, dan Bigetron.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.