Sukses

Datascrip Siap Genjot Printer Ink Tank Canon di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Canon mengaku akan mulai fokus untuk menggarap pasar printer ink tank di Indonesia. Hal itu oleh saat berbicara pada awak media usai peluncuran tiga printer anyar Canon G-Series.

"Kami memang masih newcomer untuk printer tinta botolan (ink tank), tapi canon akan mulai memfokuskan G-Series ini di Indonesia (lini ink tank Canon) ke depannya," tuturnya di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Menurut Merry, hal itu tidak lepas dari pasar printer ink tank Canon di Indonesia yang masih di kisaran 16 persen. Karenanya, masih banyak ruang yang dapat dikembangkan untuk merengkuh pasar lebih besar.

"Ke depannya, produk ink tank dan kartrid dari Canon akan seimbang. Jadi, kami akan lebih menyempurnakan positioning dari tiap-tiap produk (ink tank)," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Merry juga memberikan komentar mengenai tren printer setelah masuknya era digital saat ini. Seperti diketahui, era digital membuka pandangan baru mengenai kehidupan paperless. 

Menyoal hal tersebut, dia mengatakan tidak percaya penggunaan kertas akan benar-benar hilang. "Kami tidak percaya dunia akan paperless, tapi less paper. Agak tidak mungkin untuk menghilangkan kertas," tuturnya.

Kendati demikian, dia tidak menampik tren tersebut membawa dampak pada bisnis printer Canon. Sebab, terlihat ada penurunan pengguna yang memanfaatkan printer untuk mencetak sesuatu. 

Meski belum terlalu besar, Merry mengatakan hal itu dapat terlihat dari penjualan tinta yang tidak sebanyak dulu. Adapun kondisi ini sendiri baru terjadi dalam setahun terakhir. 

2 dari 3 halaman

Canon Tambah 3 Produk Anyar Printer Ink Tank di Indonesia

Sebelumnya, Canon melalui PT Datascrip selaku distributor resmi di Indonesia resmi memperkenalkan deretan printer terbaru untuk pasar Tanah Air. Kali ini, printer yang hadir merupakan lini anyar dari Pixma Ink Efficient G-Series.

Menurut Canon Division Director PT Datascrip, Merry Harun, ada tiga model printer G-Series yang diperkenalkan saat ini, yaitu G6070, G5070, dan GM2070.

"Kami memang masih baru ada di lini printer ink tank, tapi produk kami sudah tersebar di seluruh Indonesia," tuturnya saat konferensi pers peluncuran printer baru Canon di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Kehadiran tiga model anyar dari printer G-Series ini disebut untuk memenuhi beragam kebutuhan mencetak, terutama dalam jumlah besar. Hal itu dimungkinkan sebab ketiganya menggunakan teknologi ink tank yang cocok untuk mencetak dalam jumlah banyak.

Printer ini terbilang tahan lama untuk beragam kebutuhan, mulai dari institusi pendidikan, institusi peradilan, startup, bank, hingga pengusaha fotokopi," tutur Marketing Executive Canon Consumer System Product PT Datascrip, Marcellinus Lirus.

Lebih lanjut, Marcellinus menuturkan generasi terbaru ini memiliki sejumlah peningkatan dari versi sebelumnya, seperti kemampuan mencetak hingga 8.300 halaman dokumen hitam putih dan kecepatan print yang lebih baik.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menghemat pemakaian kertas dengan memanfaatkan fitur Auto Duplex Printing. Jadi, pengguna dapat mencetak dokumen dua sisi (depan belakang) tanpa perlu membalik kertas secara manual.

Sebagai fitur tambahan, ketiga printer Canon ini dapat pula terhubung dengan smartphone menggunakan koneksi wi-fi. Dengan cara ini, pengguna dapat langsung mencetak foto atau dokumen lewat aplikasi Canon Print Inkjet/Selphy.

3 dari 3 halaman

Perbedaan dan Harga

Meski memiliki kemampuan yang sama, ketiganya tetap memiliki perbedaan. G6070 tidak hanya hadir dengan kemampuan mencetak, melainkan juga dilengkapi dengan fitur scan dan copy.

Sementara G5070 dirancang memenuhi kebutuhan mencetak saja. Lalu, GM2070 merupakan printer untuk mencetak warna monokrom atau hitam putih saja, tapi Canon menyertakan slot untuk menambah kartrid tinta warna. 

Adapun harga dari masing-masing printer adalah Rp 5.500.000 untuk Pixma G6070, sedangkan Pixma G5070 dibanderol Rp 3.520.000. Lalu untuk Pixma MG2070 dijual dengan harga Rp 2.937.000.

Sementara tinta untuk printer ini dijual dengan harga Rp 159.500 untuk warna dan tinta hitam dijual Rp 173.800. Datascript menjanjikan garansi selama dua tahun untuk seluruh model G-Series.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Canon Tambah 3 Produk Anyar Printer Ink Tank di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Epson Rilis Printer Monokrom dengan Tinta Bebas Tumpah