Sukses

Lebih dari 1.300 Fotografer Banjiri Canon PhotoMarathon Indonesia 2018

Lebih dari 1.300 fotografer dan pecinta fotografi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti ajang Canon PhotoMarathon Indonesia 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang fotografi bergengsi Canon PhotoMarathon Indonesia 2018 baru saja digelar di Grand Chapel Universitas Pelita Harapan (UPH), Karawaci, Tangerang pada Sabtu (29/9/2018).

Lebih dari 1.300 fotografer dan pecinta fotografi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia berlomba mengabadikan foto terbaik untuk memperebutkan hadiah utama Trip PhotoMarathon Asia Championship ke Jepang.

Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2018 diraih oleh Arif Wicaksono. Ia berhak membawa pulang Kamera DSLR Canon EOS 750D dan lensa Canon EF-S 18-55mm, serta mengikuti Trip PhotoMarathon Asia Championship ke Jepang.

Arif akan terbang ke Jepang bersama dengan juara umum dari Yogyakarta untuk mewakili Indonesia berkompetisi dengan juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia lainnya.

Merry Harun, Canon Division Director pt. Datascrip menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta dan penggemar fotografi di Tanah Air yang setiap tahun senantiasa menantikan dan antusias mengikuti Canon PhotoMarathon Indonesia.

“Tahun ini merupakan kali ke-10 Canon PhotoMarathon Indonesia digelar. Semangat para pecinta fotografi menginspirasi kami untuk menghadirkan Canon PhotoMarathon Indonesia setiap tahun. Ajang ini bukan hanya ajang berburu hadiah melainkan juga sebagai sarana berkumpul, bertemu, dan berbagi pengalaman antara para penggemar fotografi," kata Merry dalam keterangannya, Minggu (30/9/2018).

Ia melanjutkan, Canon PhotoMarathon Indonesia sekaligus juga menjadi perwujudan komitmen Canon dan Datascrip untuk mendukung dan mengembangkan dunia fotografi Indonesia, serta membuka kesempatan berkarya dan berkreasi bagi para pecinta fotografi di Tanah Air.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Kategori

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, para pelajar diberi kesempatan khusus untuk berkompetisi dengan rekan sebayanya di Kategori Pelajar. Para peserta di kategori ini adalah pelajar SD/sederajat hingga tingkat SMA/sederajat.

Adanya Kategori Pelajar ini sejalan dengan misi Canon dalam mengembangkan dunia fotografi, termasuk memupuk para fotografer muda di Indonesia.

Lomba terbagi dalam dua kategori yaitu Kategori Umum dan Kategori Pelajar, berlangsung dalam tiga sesi. Setelah tata tertib dan peraturan dibacakan, panitia langsung mengumumkan tema 1 yaitu “Menjulang Tinggi”.

Seusai sesi tema 1, panitia mengumumkan tema 2 yaitu “Interval”, dilanjutkan dengan sesi terakhir yang mengusung tema “Saat yang Tepat”. Dengan waktu yang terbatas, para peserta ditantang kreativitasnya untuk mengekspresikan masing-masing tema lewat bidikan foto terbaiknya.

Foto-foto terbaik karya para peserta langsung dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para fotografer dari beragam latar belakang fotografi. Mereka adalah Agustinus Tri Mulyadi , Edy Santoso, Ichsan, Kiki Trestianto, Misbachul Munir, Parolan Harahap, Priadi Soefjanto, Risman Marah, dan Roni Bachroni.

Setelah Tangerang, Canon PhotoMarathon Indonesia akan berlanjut ke kota Yogyakarta pada 28 Oktober 2018.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.