Sukses

Canon EOS R Dilepas untuk Fotografer Profesional

Canon melihat ada peluang di lini model kamera mirrorless full frame ini, sehingga merilis solusi model kamera tersebut untuk para fotografer profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Canon melalui PT Datascrip, baru saja merilis kamera mirrorless full frame pertamanya untuk pasar Indonesia, yakni EOS R.

Kehadiran kamera ini tak lepas dari kebutuhan pengguna akan kamera full-frame dengan bobot ringan.

Menurut Division Manager of Canon Image Communication Product Div PT Datascrip Sintra Wong, sebelumnya para pengguna hanya dapat menggunakan teknologi full frame di kamera DSLR Canon atau memilih produk dari merek lain, agar mendapatkan perangkat yang lebih ringan.

"Sebenarnya itu salah satu alasan kami merilis EOS R, sebab kita memang tidak menawarkan produk tersebut. Padahal, para pengguna merek lain itu juga masih mengandalkan lensa dari Canon," tuturnya ditemui usai ditemui di peluncuran Canon EOS R di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Oleh sebab itu, Canon lantas menghadirkan model anyar yang diberi nama EOS R.

Sintra menuturkan, Canon melihat ada peluang di lini model kamera mirrorless full frame ini sehingga merilis solusi model kamera tersebut untuk para fotografer profesional.

"Kami yakin dengan kehadiran EOS R tentu akan berjalan lebih baik dengan lensa-lensa Canon, daripada menggunakan bodi kamera dari produk lain," tuturnya menjelaskan.

Lebih lanjut dia menuturkan, EOS R memang ditujukan untuk pengguna profesional yang membutuhkan kualitas kamera full frame.

Lini kamera ini berbeda dari EOS M yang ditujukan untuk kebutuhan fotografi hobi atau pengguna amatir tingkat lanjut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Terus Dikembangkan

"EOS R akan terus dikembangkan oleh Canon, mengingat lini merupakan model yang berbeda. Akan ada seri-seri baru dari EOS R, begitu pula untuk EOS M karena keduanya merupakan model berbeda," lanjutnya.

Hal ini juga berlaku untuk lini lensa RF yang didesain khusus untuk EOS R.

Di sisi lain, tren kamera mirrorless sendiri di pasar global terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Sintra mengatakan, pengguna DSLR banyak juga yang mulai beralih ke mirrorless.

"Kondisi itu di Canon juga sama. Saat ini DSLR mengalami penurunan, tapi mirrorless mengalami peningkatan. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir di Canon, penjualan mirrorless berhasil melampaui DSLR," pungkas Sintra.

3 dari 3 halaman

Ini Harga Resmi Canon EOS R di Indonesia

Setelah resmi diperkenalkan awal bulan ini, PT Datascrip sebagai distributor tunggal Canon, akhirnya memperkenalkan Canon EOS R di Indonesia. Kamera ini merupakan produk mirrorless full-frame pertama dari Canon.

Menurut Canon Division Director PT Datascrip Merry Harun, kamera ini merupakan salah satu produk yang dinanti-nantikan publik, khususnya para fotografer profesional.

"Fotografer profesional itu membutuhkan perangkat yang mumpuni, karenanya EOS R berharap dapat berkontribusi terhadap karya fotografer untuk tampil di kancah internasional," tuturnya saat peluncuran EOS R di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Canon EOS R dibekali dengan sensor CMOS 30,3 MP dan prosesor gambar DIGIC 8. Bersamaan dengan peluncuran kamera ini, Canon juga turut memperkenalkan empat seri lensa terbaru RF.

Adapun lensa RF tersebut adalah RF 50mm f/1.2L USM, RF 24-105mm f/4L IS USM, RF 28-70mm f/2L USM, dan RF 35mm f/1.8 IS SM. Lensa ini juga didukung dengan tiga jenis adaptor yang kompatibel untuk penggunaan lensa EF.

Kamera ini memiliki rentang ISO yang lebar, ISO 100-400.000. Tidak hanya itu, kamera ini juga sudah didukung dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF untuk pencarian fokus yang lebih cepat.

Canon EOS R juga memiliki jendela electronic viewfinder (EVF) OLED hingga 3,69 juta titik. Sementara di bagian atasnya terdapat tombol pengaturan multifungsi berbasis sentuh-geser.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.