Sukses

Resmi Debut, Ini Spesifikasi Google Pixel 3a dan 3a XL

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya resmi umumkan kehadiran Google Pixel 3a dan Pixel 3a XL di ajang Google I/O 2019. Seri Pixel ini digadang bakal lebih murah dari Pixel 3 namun tetap menghadirkan fitur yang sama.

Pixel 3a dan 3a XL dikembangkan demi menghadirkan smartphone dengan fitur canggih berbiaya murah. 

"Smartphone high-end semakin lama semakin mahal, sehingga kami menantang diri sendiri untuk mengoptimalkan software yang di perangkat yang lebih terjangkau," tutur SVP Devices & Services Google, Rick Osterloh, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (8/5/2019).

Ada beberapa spesifikasi yang ditawarkan Google Pixel 3a dan 3a XL, mulai dari prosesor hingga baterai smartphone.

1. Prosesor

Pixel 3a dipersenjatai chipset Snapdragon 670, sedangkan Pixel 3a XL menggunakan Snapdragon 710. Prosesor ini masih berada di bawah kelas Pixel 3 standar.

2. Memori

Urusan memori, Google Pixel 3a dan 3a XL sama-sama memiliki RAM 4GB dengan dua opsi memori internal, yaitu 64GB dan 128GB.

 

2 dari 2 halaman

3. Kamera

Sementara dari segi kamera, Pixel 3a dan 3a XL memiliki kemampuan kamera serupa dengan Pixel 3 standar, yang beresolusi 12,2MP untuk kamera belakang dan 8MP kamera depan.

Kamera dilengkapi fitur untuk mengambil gambar dalam kondisi low light (night shift), fitur super resolution zoom dan HDR+.

4. Desain

Desain dua smartphone ini tidak berbeda dari Pixel 3. Hanya saja, 3a mengusung layar selebar 5,6 inci dan 3a XL selebar 6 inci.

Untuk baterai, 3a punya baterai berkapasitas 3.000mAh dan 3a XL berkapasitas 3.700mAh. Dua-duanya dilengkapi fitur fast charging 18-watt.

Sayangnya, baik Pixel 3a dan 3a XL tidak dilengkapi slot microSD. Meski begitu, smartphone ini tetap menghadirkan headphone jack 3,5 mm dan tombol pemindai sidik jari yang diletakkan di bagian belakang bodi.

Sementara dari segi perangkat lunak, Google menjanjikan dukungan pembaruan software berkelanjutan hingga 3 kali pembaruan versi Android, yaitu dari Android 9 Pie menjadi Android 10 Q, Android 11 R dan Android 12 S. 

Pixel 3a dan 3a XL diluncurkan dalam tiga varian warna, yaitu hitam, putih dan putih keunguan, dibanderol mulai dari USD 399 atau Rp 5,7 juta untuk 3a dan USD 479 atau Rp 6,9 juta untuk a3 XL, separuh dari flagship smartphone yang ada sekarang.

(Tik/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Google Maps Kini Hadir dengan Fitur Incognito Mode
Artikel Selanjutnya
Google Resmi Umumkan Kehadiran Pixel 3A dan 3A XL