Sukses

Apple Siapkan 2 Model AirPods Anyar Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah mengumumkan AirPods generasi kedua bulan lalu, tapi perusahaan dilaporkan belum berhenti untuk merilis varian anyar earphone nirkabel tersebut.

Berdasarkan laporan DigiTimes, Apple disebut akan merilis varian terbaru dari AirPods di tahun ini. Varian anyar ini digadang-gadang akan membawa sejumlah fitur baru.

Dikutip dari The Verge, Jumat (26/4/2019), salah satu fitur yang akan hadir di earphone ini adalah dukungan noise-canceling. Sebelumnya, fitur ini sempat diprediksi akan disematkan pada generasi kedua AirPods.

Adapun prediksi lain dari Ming-Chi Kuo, analis kenamaan tentang Apple, menambahkan bahwa Apple tidak hanya merilis satu model AirPods anyar, melainkan dua.

Satu model, menurut Ming-Chi Kuo, akan hadir sebagai perangkat yang tidak terlalu mengalami banyak peningkatan dari versi sebelumnya.

Beberapa peningkatan yang dimaksud adalah chip nirkabel yang lebih baik termasuk daya tahan baterai yang lebih lama.

Sementara model lain disebut-sebut akan hadir dengan tampilan yang benar-benar baru. Karenanya, model ini akan dibanderol dengan harga lebih mahal.

Sayang, dari laporan saat ini, belum ada info seputar perubahan yang akan ditawarkan Apple lewat perangkat ini.

Namun dari sejumlah prediksi, beberapa fitur yang mungkin hadir di AirPods baru ini adalah noise cancellation, waterproofing, hingga health-monitoring.

2 dari 3 halaman

Sejumlah Perusahaan Siapkan Pesaing AirPods

Beberapa perusahaan teknologi lain juga disebut akan merilis pesaing AirPods. Salah satunya adalah Amazon. 

Amazon dilaporkan sedang menyiapkan produk earphone nirkabel yang terintegrasi dengan asisten virtual Alexa. Menurut laporan Bloomberg, earphone ini disebut-sebut akan menjadi pesaing AirPods besutan Apple.

Dikutip dari The Verge, Senin (7/4/2019), model earphone yang dirilis Amazon ini sebenarnya tidak banyak berbeda dari produk serupa lainnya. Namun, Amazon menyebut akan lebih fokus ke kualitas audio sebagai faktor pembeda dari kompetitor.

Nantinya, pengguna dapat mengakses Alexa melalui perintah suara langsung dari earphone. Jadi, mereka dapat memintanya memutar musik, memesan produk di Amazon, hingga membuat catatan.

Sama seperti speaker Amazon Echo, pengguna cukup memanggil 'Alexa' untuk mengaktifkan fitur perintah suara. Sayang, earphone ini tidak mendukung jaringan LTE, sehingga perlu terhubung dengan smartphone agar dapat mengakses Alexa.

Laporan juga menyebut, earphone ini memiliki fungsi dan fitur yang sama dengan perangkat lain kebanyakan. Earphone ini akan dibekali dengan case untuk pengisian daya fitur berbasis gestur untuk mengatur musik atau menjawab telepon.

Namun, belum dapat dipastikan kapan Amazon akan merilis earphone ini berikut harganya.

Kendati demikian, prediksi menyebut ada kemungkinan earphone ini dibanderol dengan harga lebih terjangkau dengan kualitas bagus karena menjadi ditujukan langsung sebagai kompetitor AirPods.

3 dari 3 halaman

Microsoft Siap Rilis Pesaing AirPods

Selain Amazon yang dilaporkan siap merilis pesaing AirPods besutan Apple, kali ini giliran Microsoft yang disebut akan melakukan hal serupa. Informasi ini pertama kali diketahui dari Thurrot.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (18/4/2019), earphone nirkabel ini akan diberi nama Surface Buds. 

Sama seperti earphone lain yang terintegrasi dengan asisten virtual, Surface Buds akan dibekali dengan Cortana.

Dari informasi yang diungkap sumber anonim, proyek earphone ini mengusung kode nama Morrison, yang kemungkinan diambil dari nama vokalis The Doors, Jim Morrison. 

Sekadar informasi, ini bukan merupakan kali pertama Microsoft merilis produk untuk menyaingi Apple. Sebelumnya, Microsoft pernah merilis Zune yang disebut-sebut sebagai kompetitor iPod.

Selain dukungan Cortana, Microsoft juga menyertakan kemampuan noise cancellation di earphone ini.

Sebagai tambahan, perusahaan turut menyematkan teknologi yang membantu pengguna membaca konten dari smartphone.

Kendati belum ada informasi resmi, besar kemungkinan earphone ini akan kompatibel dengan iOS dan Android. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Microsoft. 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Bikin Lemot, Ini 5 Aplikasi yang Wajib Kamu Hapus dari Smartphone
Artikel Selanjutnya
Huawei Tak Akan Jual Modem 5G kepada Apple