Sukses

Duh, AirPods Apple Hampir Meledak di Telinga Pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone meledak bukan berita baru. Lain lagi dengan produk earphone nirkabel Apple, AirPods, yang baru-baru ini diketahui meledak.

Parahnya, Airpods Apple tersebut berpotensi meledak saat sedang dipakai oleh pemiliknya. Cerita ini pertama kali diungkapkan oleh sang pemilik, yakni Jason Colon dari Tampa, Florida, Amerika Serikat.

Mengutip laman Softpedia, Senin (12/2/2018), saat kejadian ia sedang mendengarkan musik dari AirPods sambil berolah raga. Jason baru menyadari salah satu AirPod yang terpasang di telinganya panas dan berasap.

Ia pun langsung mencabut AirPods dari telinga dan meminta bantuan. Sekembalinya meminta bantuan, salah satu AirPod tersebut hancur dan menunjukkan tanda-tanda api dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Colon pun syok dengan kejadian ini. "Ini hal paling gila yang pernah saya alami. AirPod-nya jadi hancur, dan meledak. Saya tidak menyaksikan kejadiannya, tapi ini terbakar, benar-benar terbakar," katanya.

Tentunya sangat mengerikan jika Colon tak segera mencabut AirPods tersebut dari telinganya.

"Saya tidak tahu apa yang bakal terjadi pada telinga saya. Saya yakin, bakal ikut terbakar, gendang telinga saya bisa saja terbakar. Mungkin saja hal ini tidak hanya terjadi pada saya, bisa saja orang lain juga," tutur Colon.

1 dari 3 halaman

Diduga karena Baterai

Jika melihat kejadian tersebut, kemungkinan besar baterailah yang menjadi penyebabnya. Berdasarkan kasus serupa, baterai yang digunakan bisa saja mengalami panas berlebih. Dengan begitu muncul asap dan memicu ledakan yang dampaknya tergantung dari besarnya baterai.

Apple memang tak pernah menyebut baterai yang digunakan pada AirPods, namun berdasarkan pembongkaran yang dilakukuan iFixit, terungkap baterai Airpod memiliki daya 93 milliwatt. Daya ini setera dengan 1 persen dari kapasitas daya iPhone 7.

Meski kapasitasnya terbilang kecil, bukan tidak mungkin dampak ledakan yang ditimbulkan berpotensi melukai. Beberapa waktu lalu, sebuah ponsel meledak dan membakar jari tangan bocah 12 tahun.

Padahal, perangkat yang terbakar itu tidak sedang dipegang, tetapi berada di sebelahnya. Serpihan plastik dari ponsel yang meledak itu juga mengenai bola mata sang bocah sehingga membuatnya kehilangan penglihatan permanen.

2 dari 3 halaman

Bukan Pertama Kalinya Bagi Produk Apple

Apalagi, ini bukan pertama kalinya perangkat Apple meledak. Meski begitu, perusahaan tak mengkonfirmasi insiden ini.

Beberapa perangkat iPhone juga mengalami ledakan di masa lalu. Apple pun selalu menyatakan pihaknya tengah dan akan menginvestigasi berbagai kasus iPhone meledak.

Terbaru, iPhone meledak di sebuah salon di Vietnam. Perisitiwa ini diketahui dari rekamanan CCTV yang ada di dalam salon tersebut. Dikutip dari Daily Mail, peristiwa terjadi saat ada pengunjung yang sedang dipotong rambutnya.

Dalam video singkat tersebut terlihat bahwa tiba-tiba ada ledakan dari salah satu sudut salon. Tak lama setelah terjadi ledakan, seorang pekerja wanita pun terlihat menjauh dari lokasi.

Meski tampaknya tak terluka, pekerja itu terlihat sangat syok setelah peristiwa itu terjadi. Seorang pekerja yang ada bagian depan lalu berinisiatif untuk mengambil video dari perangkat itu.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Harga iPhone 6 dan iPhone 6s Terbaik dan Terlengkap, Baru dan Bekas
Artikel Selanjutnya
Top 3 Tekno: Meme Sahur di Hari Pertama Puasa Sedot Perhatian